Partisipasi Mahasiswa KKN Univet dalam Kegiatan Posyandu di Desa Celep

Print Friendly and PDF

Ira Liana Sari saat membantu Posyandu.

Partisipasi Mahasiswa KKN Univet dalam Kegiatan Posyandu di Desa Celep

Sukoharjo- majalahlarise.com -Posyandu atau pos pelayanan terpadu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu memberikan layanan kesehatan yang ditujukan ke ibu dan anak, kegiatannya meliputi menimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukurna lingkar kepala, pemberian vitamin, dan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk anak-anak, sementara untuk ibu-ibu pelayanannya meliputi pemeriksaan kehamilan dan nifas, peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, dan imunisasi TT untuk ibu hamil. Posyandu dilakukan seminggu sekali dengan melibatkan kader posyandu dan bidan desa sebagai pelaksana kegiatan.

Desa Celep merupakan salah satu desa yang rutin melaksanakan kegiatan posyandu. Desa Celep terletak di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan posyandu yang dilaksanakan pada Kamis, 2 September 2021 bertempat di rumah ketua RW Dukuh Puntuk, Desa Celep kali ini melibatkan beberapa mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo periode I tahun 2021. 

Salah satunya, Ira Liana Sari mahasiswi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kegiatan Posyandu dilaksanakan dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 12.00 siang yang diikuti kurang lebih sekitar 35 peserta.

"Tujuan dari kegiatan posyandu ini untuk memantau dan menjaga kesehatan ibu dan anak melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan vitamin," terang Ira Liana Sari. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top