KKN Univet 2021, Laksanakan Pelatihan Pembuatan Cairan Sanitasi Alami

Print Friendly and PDF

Pelatihan Pembuatan Cairan Sanitasi Alami untuk warga khususnya karang taruna di Dusun Gabusan.


KKN Univet 2021, Laksanakan Pelatihan Pembuatan Cairan Sanitasi Alami 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo pada tahun ini dilaksanakan secara mandiri dikarenakan Pandemi COVID-19 yang belum juga usai. 

Pelaksanaan KKN mandiri dilaksanakan oleh Laili Rohadatul A. di desa mahasiswa masing-masing. Sabtu (4/9/2021) telah dilaksanakan program kerja utama dari KKN Mandiri Dusun Gabusan yaitu Penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Cairan Sanitasi Alami untuk warga khususnya karang taruna di Dusun Gabusan, Kel. Jombor, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo. 

Program kerja ini dilaksanakan bekerja sama dengan Teknik Kepramukaan (Tekpram) Div. Pelatihan UKM Pramuka Racana Ki & Nyi Hajar Dewantara Univet Bantara Sukoharjo. Pelatihan pembuatan cairan sanitasi alami selain untuk memberikan pembelajaran bagaimana cara membuat cairan sanitasi alami sendiri, juga bertujuan untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada warga pentingnya menggunakan sanitasi di masa pandemi saat ini. 

Belakangan juga banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan keadaan pandemi dengan memborong segala produk protokol kesehatan termasuk sanitasi atau handsanitizer, yang kemudian dijual lagi dengan harga yang tidak masuk akal. Pelatihan ini menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut, sanitasi yang dijual dengan harga mahal membuat masyarakat enggan untuk membeli. Oleh karenanya pelatihan pembuatan cairan sanitasi alami ini bisa membantu menggantikan handsanitizer buatan pabrik dan dapat menjaga mobilitas karena untuk mendapatkan sanitasi masyarakat tidak perlu untuk keluar rumah

Pelatihan berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya. Partisipan dalam kegiatan juga menyambut antusias kegiatan program kerja utama dari KKN Mandiri Univet Bantara Sukoharjo tersebut. 

Sebagian hasil produk dari pelatihan pembuatan cairan sanitasi alami tersebut bersama dengan bingkisan masker medis dibagikan kepada masyarakat sekitar guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga diri dari virus COVID-19 dengan menggunakan masker dan cairan sanitasi.

Dengan dilaksanakannya program kerja utama dari KKN Mandiri Dusun Gabusan ini, harapannya dapat membantu warga Dusun Gabusan dalam menghadapi kesulitan di masa pandemi ini, juga dapat meberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan guna mencegah wabah penyakit COVID-19, salah satunya dengan sering mencuci tangan dan menggunakan cairan sanitasi. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top