KKN Univet 2021, Pengolahan Asinan Buah Sebagai Ketahanan Pangan

Print Friendly and PDF

Almalia Ratna Utari membimbing ibu-ibu membuat asinan buah.

KKN Univet 2021, Pengolahan Asinan Buah Sebagai Ketahanan Pangan

Sragen- majalahlarise.com -Kondisi ekonomi yang cenderung buruk dan tidak stabil mengharuskan pemerintah untuk mengembangkan aspek perekonomian yang dapat bertahan untuk menghadapi krisis ekonomi saat ini. Apalagi pada saat pendemi Covid-19 banyak warga yang terdampak. Seperti, terkena PHK masal di sejumlah perusahaan. Maka dari itu ketahanan pangan untuk masyarakat sangat lah penting. 

Untuk memperkuat ketahanan pangan, Mahasiswa KKN Univet Bantara, Almalia Ratna Utari mengajak ibu-ibu rumah tangga agar lebih produktif sekaligus bisa mengembangkan potensi dibidang umkm di Desa Bendo, Sukodono, Sragen. Senin (27/9/2021).

"Pengolahan asinan mangga ini saya pilih karena, potensi buah mangga di dusun Mantup Rt 04, Bendo, Sukodono, Sragen ini sangatlah berlimpah. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengolahan asinan buah segar tanpa adanya campuran cuka dan bahan pengawet," terang Almalia kepada majalahlarise.com.

Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan pelatihan bagaimana cara pembuatan desain stiker, lalu pemilihan packaging yang menarik, serta pembuatan akun instagram @tukuasinanku.

"Saya berharap, dari pelatihan pengolahan asinan buah mangga ini, bisa menjadi usaha kecil kecilan untuk ibu ibu setempat. Nantinya bisa dikembangkan dan menjadi penambah sumber penghasilan rumah tangga," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top