Hari Kedua Pembekalan, Mahasiswa KKN Univet Diberi Materi "MASJALI"

Print Friendly and PDF

 

Penyampaian materi pembekalan mahasiswa KKN hari ke dua oleh narasumber secara daring.

Hari Kedua Pembekalan, Mahasiswa KKN Univet Diberi Materi "MASJALI"

Sukoharjo- majalahlarise.com -Sebelum bertugas di tengah masyarakat, sebanyak 527 mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Periode 1 Tahun 2021/2022 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo selama 2 hari menerima materi pembekalan. Untuk hari kedua, Sabtu (14/8/2021) mereka memperoleh materi pembekalan MASJALI (Mahasiswa Jaga Lingkungan).

Salah satu pemateri, Nine Elissa Maharani, S.K.M., M.Kes. saat ditemui sebelum penyampaian materi mengatakan mahasiswa KKN melaksanakan program kerja di masyarakat dari tanggal 16 Agustus - 30 September 2021 berlokasi di daerah sekitar tempat tinggal masing-masing. Adanya pembekalan ini agar  sebelum mahasiswa bertugas sudah ada gambaran program kerja yang akan disusun selama mereka KKN.

"Pembekalan ini hanya gambaran saja program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa tergantung pada kondisi tiap lokasi yang di tempati mahasiswa,"  terangnya.

Tampilan layar penyampaian materi oleh pemateri Salman Faris.

Baca juga: KKNT UNISRI Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Seks Bebas dan Penyakit Kelamin 

Lebih lanjut dijelaskan, sebelum mahasiswa membuat program kerja, mahasiswa harus menganalisis situasi bagaimana situasi lingkungan yang dipakai KKN. Setelah itu mengidentifikasi masalah dan menentukan kelayakan program kerja.

"Kalau ada masalah seperti ini di lingkungan saya, berdasarkan analisis situasi maka program yang ditawarkan solusi seperti ini kira-kira sesuai tidak kondisi yang ada di tempat KKN," terangnya.

Terkait materi program kerja MASJALI, wanita yang juga dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat ini menjelaskan   konsep MASJALI (Mahasiswa Jaga Lingkungan) yaitu mahasiswa menjaga lingkungan dengan mengembangkan ekonomi kreatif. Mahasiswa melindungi masyarakat lingkungan atau desa terkait proker kesehatan situasi pandemi Covid-19. Membangun desa merupakan proker penunjang atau pendukung dan pendamping.

"Materi menjaga tatanan ekonomi kreatif oleh Made Wedaswari, S.Sos., M.Si. diwakili Salman Faris. Materi melindungi dan kesehatan oleh Nine Elissa Maharani, S.K.M., M.Kes sedangkan materi membangun atau proker penunjang oleh Hendramwat Aski Safarizki, S.T., M.T," tuturnya. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri Sosialisasi dan Edukasi Menerapkan Gemar Menabung Sejak Dini 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top