Prodi PBSI FKIP Univet Selenggarakan Seminar Nasional dan Call For Paper

Print Friendly and PDF

Dosen Prodi PBSI Univet Bantara saat mengikuti Seminar Nasional dan Call For Paper secara daring.

Prodi PBSI FKIP Univet Selenggarakan Seminar Nasional dan Call For Paper

Sukoharjo- majalahlarise.com -Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call For Paper selama tiga hari, (7-9/6/2021) secara daring.

Seminar ini menghadirkan pembicara Dr. Ganjar Harimasyah (Peneliti/Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Dr. Kastam Syamsi, M.Ed (Universitas Negeri Yogyakarta), Dr. Sutardi, S.S, M.Pd (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan Jawa Timur), Muh. Ekshan Rifai, M.Si (Kepala Redaksi Penerbitan Percetakan Sindhunata Surakarta), Rini Yustiningsih, S.Sos  (Pimpinan Redaksi Solopos Group).

Panitia kegiatan, Dr. Muhlis Fajar W., M.Pd. saat ditemui disela-sela acara, Rabu (9/6/2021) menerangkan acara kegiatan ini juga merupakan program kuliah kerja lapangan (KKL) bagi mahasiswa semester 6 yang dikemas dalam seminar nasional dan Call For Paper bagi dosen secara virtual.


Baca juga: Workshop Publish or Perish, Jalan Mudah Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Membuat Skripsi

"Seminar ini diikuti sekitar 117 dari mahasiswa semester 2, 4, 6 dan 8 prodi PBSI dan dari Pascasarjana serta luar Univet. Selain itu ada 43 pemakalah," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, luaran dari seminar ini dalam bentuk laporan KKL, e-sertifikat, e-prosiding dari 43 makalah yang diseminarkan. 

"KKL mahasiswa prodi PBSI  untuk menambah wawasan, ketrampilan bidang kompetensi mahasiswa terkait dengan kompetensi yang ada di program studi. Untuk mendukung KKL tersebut menjalin kerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Penerbitan Percetakan Sindhunata Surakarta, dan Solopos Group," terangnya.

Pada hari terakhir seminar ini hadir sebagai pembicara Dr. Kastam Syamsi, M.Ed (Universitas Negeri Yogyakarta) memaparkan materi pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa dan dosen yang up to date terkait pembelajaran bahasa Indonesia menarik, kreatif dan inovatif.

Hadir juga, Dr. Sutardi, S.S, M.Pd (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan Jawa Timur) menyampaikan wawasan pembelajaran sastra bagi mahasiswa yang dapat diaplikasikan kesusastraan teori-teori yang sudah diperoleh untuk mengembangkan pembelajaran di sekolah.

"Mahasiswa KKL sebentar lagi PPL. Sehingga seminar ini juga untuk mempersiapkan semua terkait media pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, penilaian, sastra. Sehingga mahasiswa bisa menyesuaikan ketika PPL di SD, SMP, SMA, SMK," papar Muhlis Fajar. (Sofyan)


Baca juga: Effy Indratmo Gelar Pameran Tunggal Seni Patung "GALUR" 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top