Asah Kreativitas Siswa SD Negeri Kalimati 02, Brebes dalam Program Kampus Mengajar Kemdikbud 2021 Lewat Lomba Mewarnai dan Menggambar

Print Friendly and PDF

Siswa SD Negeri Kalimati 02 Brebes menujukkan hasil gambarannya.

Asah Kreativitas Siswa SD Negeri Kalimati 02, Brebes dalam Program Kampus Mengajar Kemdikbud 2021 Lewat Lomba Mewarnai dan Menggambar

Brebes- majalahlarise.com -Salah satu program dengan tetap mematuhi prokes, antara lain berupa aktivitas mewarnai dan menggambar tema Kartini yang direspon sangat antusias oleh siswa di SD Negeri Kalimati 02, Brebes, Jawa Tengah.

Beragam ekspresi  dituangkan oleh siswa dalam kegiatan tersebut, seperti gambar wajah RA Kartini, perempuan berkebaya, dan tema gambar lainnya dengan alat gambar, seperti pensil warna dan spidol di media kertas ukuran kuarto A4. 

Beragam tema dan goresan, terlihat dari antusias siswa dalam mengikuti kegiatan ini yang diinisiasi oleh lima mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021.


Baca juga: Prodi D3 Rekam Medis Univet, Berhasil Meraih Juara dalam International Competition on Health and Student Exchange (ICOHEX)

Kegiatan tersebut sebagai bentuk peringatan Hari Kartini yang biasanya diperingati dengan memakai kebaya, maka dikarenakan masih dalam kondisi pandemi  Covid-19 ini.

Kemdikbud yang meluncurkan Program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka, dimana kegiatan ini berupa Asisten Mengajar sebagai salah satu bentuk kegiatan yang sesuai pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020

Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi banyak program kegiatan yang bisa diikuti oleh civitas akademik.

Sebagai alternatif, dimana kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dilakukan oleh mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021, dimana sebanyak 5 (lima) mahasiswa yang berasal dari lima perguruan tinggi yang berbeda yang ditempatkan di SD Negeri Kalimati 02 Brebes, Jawa Tengah.


Baca juga: Ngabuburit FISIP Univet Bantara Bersama Anak Yatim Pondok Pesantren Darurrohmah Al Jawahiri Tasikmadu Karanganyar

Program Kampus Mengajar ini menyasar untuk sekolah dasar sebab berdasarkan data kualitas pendidikan dasar dan menengah di Indonesia masih sangat rendah (PISA 2018 peringkat Indonesia no. 7 dari bawah). Jumlah satuan pendidikan di Indonesia sangat banyak dan beragam permasalahan.

Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds, selaku dosen Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta dan juga sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menyatakan kegiatan kreatif ini diinisiasi oleh kelima mahasiswa, yaitu Anggi Khoirunnisa (Universitas Dian Nuswantoro), Nur Sofianin Pratika (Universitas Sebelas Maret), Farkhatun Azzahro Salsabila (Universitas PGRI Semarang), Ripa Maya Sopyana (Universitas Ahmad Dahlan), dan Welly Wicaksono (Universitas PGRI Semarang), dikarenakan keterbatasan waktu dan masih mematuhi prokes maka kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) minggu dengan pembagian, untuk siswa kelas 1-4 mewarnai gambar yang sudah disediakan, sedangkan untuk kelas 5 dengan menggambar seputar RA Kartini dimana diakhir pelaksanaan pada Rabu, 21 April 2021 yang berlokasi di dalam ruang kelas dipilih karya terbaik untuk mendapatkan hadiah.

"Dalam program Kampus Mengajar ini menjelaskan bahwa kegiatan ini bagian pembelajaran ini sebagai bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas yang ditempatkan di lokasi yang terpencil," terangnya.

Sedangkan menurut Khasanah, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri Kalimati 02 Brebes menyatakan bahwa kegiatan dalam memperingati Hari Kartini sangat bermanfaat, selain mengasah kreativitas juga sebagai alternatif media pembelajaran, khususnya menumbuhkan jiwa nasionalisme pada peserta didik. (Sofyan)


Baca juga: Komunikotavisual Ajak Warga Empati Musibah KRI Nanggala 402 Lewat Pajang Lima Desain Poster


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top