PENDIDIKAN KARAKTER DIPERLUKAN DI MASA PANDEMI

Print Friendly and PDF

PENDIDIKAN KARAKTER DIPERLUKAN DI MASA PANDEMI

Oleh : Nurwiati, S.Pd.SD

Guru SD Negeri 2 Mloko Kulon, Ngadirojo, Wonogiri Jawa Tengah

Nurwiati, S.Pd.SD


       Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun negara yang maju. Tapi selain itu karakter juga sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman sekarang tidak hanya melihat betapa tingginya Pendidikan ataupun gelar yang diraih, melainkan juga pada karakter dari pribadi setiap orang.

       Masa Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat pola pendidikan berubah drastis, bermula proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka dan kini proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi.

      Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring (Online Learning) menjadi sebuah pilihan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 secara meluas. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi solusi untuk melakukan pembelajaran daring. 

       Namun di sisi lain, hal itu juga menimbulkan hambatan, ada sebagian daerah dimana masalah akses internet dan kurangnya teknologi elektronik terjadi karena tingkat ekonomi masyarakat yang rendah, sehingga pembelajaran jarak jauh sangat sulit dilakukan.

       Di masa pandemi seperti ini pasti ada tantangan dan hambatan yang muncul terkait dengan Pendidikan. Proses pembelajaran yang diberlakukan saat ini ialah dengan metode daring atau pembelajaran jarak jauh (dari rumah), tentunya sangat asing bagi kita semua terutama para pelajar dan mahasiswa yang merasakan dampak pandemi. Sistem belajar daring sebenarnya belum bisa dikatakan optimal karena mau bagaimanapun tetap tidak bisa se-optimal tatap muka. Dengan adanya aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk menunjang proses pembelajaran daring menjadi lebih mudah walaupun terkadang ada hambatan seperti gangguan sinyal, kuota habis, dan sebagainya.

       Proses Pendidikan di sekolah masih banyak yang mementingkan aspek nilai ketimbang kepribadian, masih banyak guru-guru di sekolah yang hanya asal mengajar agar terlihat formalitasnya tanpa mengajarkan bagaimana etika yang baik yang harus dilakukan., Ketika keadaan pembelajaran normal seperti sebelum pandemi saja masih belum bisa tercapai membangun karakter pada anak didik apalagi dengan situasi seperti saat ini, tantangan inilah yang dihadapkan kepada guru. 

       Pendidikan karakter pun diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku yang buruk. Banyak nilai-nilai karakter yang harus kita tanamkan kepada anak-anak penerus bangsa, diantaranya seperti nilai kejujuran, betul kejujuran adalah hal yang paling penting yang harus ditanamkan pada diri kita ataupun anak-anak karena kejujuran adalah benteng dari semuanya. Lalu nilai keadilan, seperti yang seering kita lihat banyak sekali ketidakadilan yang terjadi contoh kecilnya terjadi dikehidupan sehari-hari dan bernegara. Selain itu harus ditanamkan juga nilai rasa hormat atau saling menghargai, contohnya yang lebih muda hormat kepada yang lebih tua, sesama teman harus saling menghargai apalagi teman senagkatan harus ada dalam diri setiap murid agar dunia tidak ada tawuran.

       Sekarang mulai banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang mengajarkan Pendidikan karakter menjadi salah satu mata pelajaran. Mereka diajaran salah satunya bagaiamana cara bersifat terhadap orang tua, guru ataupun lingkugan tempat hidup.

       Semoga dengan diterapkannya Pendidikan karakter di sekolah walaupun sekarang secara online tetap bisa membangun potensi karakter yang dapat membawa mereka menjadi orang-orang yang diharapkan sebagai penerus bangsa, tidak hanya cerdas tetapi memiliki kualitas diri. Bebas dari korupsi, ketidakadilan dan sebagainya. Dan bisa menjadi bangsa yang berpegang teguh kepada karakter yang kuat, taat, beradab. Walaupun mendidik karakter tidak semudah yang diharapkan, ayo ajarkanlah kepada mereka Pendidikan karakter sejak dini dan saat ini.

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top