KKN Unisri Gelar Open Donasi, Pemeriksaan Jentik Nyamuk, Toga dan Edukasi Hukum Bagi Generasi Milenial

Print Friendly and PDF

Kegiatan KKN Unisri mengedukasi warga masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman obat keluarga (toga) dan menanam sayuran di polybag.

KKN Unisri Gelar Open Donasi, Pemeriksaan Jentik Nyamuk, Toga dan Edukasi Hukum Bagi Generasi Milenial

Karanganyar- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri)  Surakarta, grup 17, Nabella Rizky Wikharisma yang juga owner Pinkybell Store dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rina Susanti S.E., M.Si, membekali remaja desa Wonorejo, literasi digital dan manajemen wirausaha.

Kegiatan meliputi pendampingan online marketing, digital branding dan pengelolaan keuangan bisnis.
"Di tengah pandemi covid-19 ada ancaman sekaligus peluang. Bagi pemasar, tentunya harus dapat menangkap peluang, maka saya ingin berbagi ilmu dan memberikan pendampingan secara langsung kepada para remaja desa Wonorejo yang ingin belajar dan menjalankan bisnis online shop dengan menerapkan strategi yang tepat," jelasnya.

Selain literasi digital, Nabella Rizky Wikharisma,  juga melakukan kegiatan sosial open donasi. Kegiatan fundraising ini akan disalurkan ke Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Al-Ikhlas.

Baca juga: Rektor Univet Tandatangani Nota Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan Pondok Roja

Sedangkan peserta KKN Grup 08, Siti Nur Afifah, melaksanakan KKN di tempat domisilinya desa Sambirejo, Duyungan Sragen. Mahasiswa FKIP ini membantu menyelengarakan pemeriksaan jentik  nyamuk bersama ibu PKK.

‘’Salah satu tujuan diadakan pengecekan jentik nyamuk adalah agar warga terhindar dari bahaya nyamuk aedes aegypti dan menjadikan desa terbebas dari sarang nyamuk,” ungkapnya.

Di tempat lain peserta KKN grup 11 menyelenggarakan sosialisasi kesadaran hukum untuk generasi milenial pada Karang Taruna dukuh Tumpangsari, desa Kapungan, Polanharjo, Klaten, materi disampaikan mahasiswa Fakultas Hukum, Zulfi Rahman dan Hendra Wijaya,  dengan DPL Drs. Sumaryanto, MM.

Baca juga: KKN Unisri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pendampingan Usaha Rumahan

“Sosialisasi hukum ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan kesadaran hukum kepada generasi milenial melalui karang taruna Dukuh Tumpangsari, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zulfi Rahman dan Hendra Wijaya, memaparkan materi yang disampaikan meliputi tindak pidana pencurian, perampokan, bantuan hukum gratis, tata cara melaporkan tindak pidana kepada kepolisian dan tentang batas usia minimal perkawinan.

Kegiatan KKN Unisri juga mengedukasi warga masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman obat keluarga (toga) dan menanam sayuran di polybag.

Baca juga: Remaja Masjid Sulthon Muhammad Batiniyadi Bulusulur Wonogiri Belajar Membuat Blog dan Wirausaha

Kegiatan dilakukan oleh Anggi Wahyu Pratama dari Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, dari KKN grup 34 dengan DPL Dr. Sri Handayani, S. Pd, M.Hum, di desa Gabus Wetan RT06, Ngrampal, Sragen.

Kegiatan dilakukan untuk mengedukasi masyarakat sekitar, khususnya Ibu-Ibu untuk menaman tanaman obat keluarga seperti tanaman sereh, jahe, lengkuas, kunyit dan menanam sayur menggunakan media polybag.

"Tanaman obat keluarga (toga) atau dikenal dengan apotik hidup ini mempunyai banyak sekali manfaat, bisa digunakan sebagai obat tradisional mencegah atau mengobati berbagai penyakit, serta dapat memperkuat sistem imun tubuh. Tanaman obat tidak mempunyai efek samping bagi tubuh bila di konsumsi, tanaman obat juga dapat digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan," paparnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top