Walikota Resmikan Gedung Baru SMPN 3 Surakarta

Print Friendly and PDF

Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo saat menandatangani prasasti diresmikannya gedung baru SMPN 3 Surakarta.

Walikota Resmikan Gedung Baru SMPN 3 Surakarta

Solo-majalahlarise.com-Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo meresmikan gedung baru SMP Negeri 3 Surakarta yang bertempat di Jalan Matoa Raya 1 kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Surakarta. Jum’at (31/1/2020).

Peresmian secara simbolik dilakukan dengan pemotongan tumpeng dan penandatangan prasasti oleh Walikota Surakarta dan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo dalam sambutan menyampaikan lingkungan SMP Negeri 3 Surakarta ini lebih baik dibandingkan yang dulu. Sekolah sekarang nyaman ditempati, anak-anak bisa mendapatkan udara sehat karena lalu lalang kendaraan tidak banyak dan ruangan tidak lembab karena ruangan terkena sinar matahari.

“Pemerintah kota Surakarta dengan Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan sebetulnya sudah merancang  sebelum ditetapkan zonasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kita sudah siapkan karena anak di Karangasem tidak ada SMP kalau tidak dibangunkan disini karena zonasinya tidak dapat semua,” jelasnya.

Pada kesempatan ini pria yang akrab disapa pak Rudy ini mohon maaf kepada orang tua siswa yang tidak berkenan anaknya pindah sekolah di Karangasem. Selain itu menjelaskan 25 tahun mendatang di Karangasem ini lebih padat penduduknya sehingga ada pemerataan pembangunan.

“Kita memindahkan sekolah disini untuk mengatasi kemacetan. Karena satu lokasi dulu ada tiga sekolahan. Satu sekolahan umpamanya ada 1000 murid kalau dijemput semuanya ada 3000 kendaraan yang pagi dan siang. Waktu penjemputan pun anak-anak menghirup polusi udara yang tidak sehat,” terangnya.

Dijelaskan pula lokasi SMP Negeri 3 Surakarta yang lama digunakan sementara untuk SMP Negeri 18 Surakarta yang akan direnovasi. Setelah selesai SMP Negeri 18 Surakarta direnovasi gedung eks SMP Negeri 3 Surakarta akan dijadikan sekolah olahraga.

“Pesan saya pada anak-anak mari bangun budaya hidup gotong royong, memiliki, merawat, menjaga, mengamankan sekolahan ini dan isinya. Jangan sampai ada yang melakukan hal-hal yang melanggar aturan-aturan dari sekolahan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati, SH, MH mengatakan pembangunan SMP Negeri 3 Surakarta dibiayai oleh DID Tahun Anggaran 2019 dengan total nilai sebesar Rp. 14.432.415.000,00 dengan waktu 240 hari kalender 8 April 2019 sampai dengan 3 Desember 2019.

Di tempat yang sama, Kepala SMP Negeri 3 Surakarta, Bambang Edy Kusumo M mengucapkan terimakasih kepada pemerintah telah memfasilitasi para guru, karyawan dan semua siswa dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang notabene sangat baik dan representatif untuk pembelajaran siswa termasuk sarana pendukung pembelajaran. Sebagian siswa difasilitasi transportasi gratis.

“Setelah menempati gedung yang baru ini terasa ada peningkatan semangat belajar anak-anak. Harapan kedepan bisa mewujudkan harapan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMP Negeri 3 Surakarta, umumnya di Kota Surakarta,” paparnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top