Unisri Target 2000 Calon Mahasiswa PMB Tahun 2020

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor 3 Unisri, Dr. Sutoyo saat menyampaikan informasi pendaftaran mahasiswa baru tahun 2020.

Unisri Target 2000 Calon Mahasiswa PMB Tahun 2020

Solo-majalahlarise.com-Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menargetkan perolehan 2000 calon mahasiswa pada pendaftaran mahasiswa baru tahun 2020 dan sebanyak 1700 calon mahasiswa yang melakukan regestrasi atau daftar ulang pada seluruh program studi S1.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor 3, Dr. Sutoyo saat jumpa pers terkait pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 bertempat di ruang Sidang Senat kampus setempat. Kamis (16/1/2020).

“Setiap periode akademik selalu menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru. Tahun ini secara resmi dimulai tanggal 2 Januari 2020 akan berakhir tanggal 31 Agustus 2020. Delapan bulan efektif untuk pendaftaran,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, Unisri saat ini memiliki 6 fakultas 1 program pasca sarjana dan 17 program studi  terdiri 14 program studi S1 dan 3 program studi S2.

“Unisri secara nasional tahun 2019 menempati rangking 108 besar nasional dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Di tingkat LLDIKTI Wilayah VI menempati rangking 6 dari perguruan tinggi swasta yang ada di Jawa Tengah dari 260-an PTS,” ujarnya.

Kemudian dijelaskan, ada beasiswa yang ditawarkan kepada calon mahasiswa diantaranya beasiswa bidik misi, BPMKM, PPA dan BBM, Bank Indonesia, prestasi olahraga dan seni, beasiswa dari YPT Slamet Riyadi, beasiswa dari BUMN atau perusahaan swasta nasional.

“Unsri dapat kepercayaan baik dari pemerintah berupa pemberian beasiswa bidik misi. Tahun akademik yang lalu sejumlah 95 penerima beasiswa bidik misi. Beasiswa PPA ada 320 penerima dan beasiswa dari Bank Indonesia ada 50 mahasiswa penerima,” ungkapnya.

Terkait pelayanan yang diberikan Unisri, Sutoyo menyampaikan dari tahun ke tahun jumlah pendaftar mahasiswa Unisri semakin meningkat karena pelayanan sesuai yang distrandarkan LLDIKTI. Dibidang kemahasiswaan ada layanan bidang penalaran dan kreativitas, pelayanan dibidang minat dan bakat, pelayanan dibidang mental dan wawasan kebangsaan, pelayanan penyelarasan dunia kerja dan pelayanan dibidang kesejahteraan dan wirausaha.

Di tempat yang sama, Ketua PMB Unisri, Jaka Hartana menerangkan pendaftaran mahasiswa baru melalui dua jalur yaitu online dan datang langsung ke Unisri.

“Secara online sistem sekarang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Calon mahasiswa bisa melakukan pembayaran pendaftaran secara online setelah upload biodata. Kemudian dapat mengikuti ujian secara online membuka menu ujian dibagi beberapa katagori yaitu potensi akademik, kemampuan bahasa dan logika,” katanya.

Menurut Jaka Hartana, masing-masing katagori ada 80 soal keluar secara acak dengan waktu 80 menit.

“Setelah mengerjakan tes, calon mahasiswa langsung bisa mencetak hasil tes. Jika tidak lolos diberi kesempatan mengikuti tes dua kali lagi. Setelah tiga kali tes tidak lolos mengulang mendaftar tes ujian dibatasi sembilan kali,” paparnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top