Siswa SMPN 1 Selogiri Diberi Sosialisasi HIV-AIDS dan Reproduksi Sehat

Print Friendly and PDF

Narasumber Sri Sularti dari Puskesmas Selogiri saat memaparkan materi tentang HIV-AIDS.
Siswa SMPN 1 Selogiri Diberi Sosialisasi HIV-AIDS dan Reproduksi Sehat

Wonogiri-SMP Negeri 1 Selogiri bekerjasama dengan puskesmas kecamatan Selogiri menyelenggarakan penyuluhan dan survey pengetahuan komprehensif HIV-AIDS serta reproduksi sehat. Kegiatan yang diikuti siswa kelas VII, VII dan IX ini diselenggarakan selama dua hari. Selasa-Rabu (16-17/7/2019) di Joglo sekolah.

Kepala SMPN 1 Selogiri, Kristiadi di sela-sela kegiatan mengatakan kegiatan ini bertujuan  untuk membentuk generasi terutama anak-anak sebagai pelajar ini tidak terpengaruh dengan dampak dari pergaulan bebas yang berakibat tertular penyakit HIV/AIDS. Selain itu, juga sebagai cara untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba pada pelajar.

"Penyuluhan kesehatan kerjasama Puskesmas Selogiri sudah menjadi agenda rutin. Beberapa bulan lalu kita adakan penyuluhan tentang reproduksi kesehatan, pengetahuan tentang anak remaja yang menstruasi dengan pemberian vitamin A bagi anak perempuan serta sosialisasi manfaat kesehatan lingkungan," paparnya.

Sementara itu, Sri Sularti dari Puskesmas Selogiri dalam pemamparan materi menyampaikan kegiatan ini untuk membekali ilmu maupun wawasan anak-anak untuk lebih berhati-hati dalam pergaulan sehingga mereka tidak terkena virus HIV.

"Cara penularan virus HIV melalui kontak seksual, kontak darah dan kontak ibu ke anak pada saat dalam kandungan. Sedangkan kontak sosial tidak akan menularkan virus HIV, sehingga jangan mangasingkan atau dikucilkan orang yang terkena virus HIV dalam pergaulan, " ujarnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top