Sesarengan Mbangun Literasi di Wonogiri

Print Friendly and PDF

Sesarengan Mbangun Literasi di Wonogiri

WONOGIRI-majalahlarise.com-Para relawan dan penggiat literasi mulai bergerak dan membangkitkan kegiatan literasi di Kabupaten Wonogiri dengan segala macam upaya agar masyarakat Wonogiri melek aksara dengan membaca. Salah satu upaya menggelar seminar gerakan literasi nasional Kabupaten Wonogiri. Minggu (4/3/2018) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.
     Seminar mengangkat tema membangun gerakan literasi untuk Wonogiri berkemajuan ini menghadirkan kaynote speaker Ketua TP PKK Kabupaten drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc., pembicara Afifah Afra (Ketua FLP Pusat Penulis Nasional), Gito, S.Pd (Penulis, Penggiat Literasi)
     Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri, drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc menyampaikan pendapat terkait literasi bisa dijadikan salah satu alat untuk membangun Wonogiri. Kegiatan literasi sangat erat kaitannya dengan upaya mencerdaskan masyarakat dilakukan terus menerus dan konsisten.
     "Sebuah tugas yang tidak mudah dan tidak ringan untuk kita semua. Kerja berat ini tidak akan bisa kita selesaikan seorang diri, butuh kebersamaan, butuh sesarengan, butuh belajar bersama dan paling penting butuh ketetapan hati yang kuat. Dasar untuk melakukan itu semua adalah pengetahuan, ketrampilan dan keinginan," paparnya.
     Lebih lanjut, dikatakan wanita lulusan S2 Sain Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan UGM ini, untuk bisa bekerja sesarengan literasi di Wonogiri langkah yang bisa dilakukan bersama-sama memperbanyak perpustakaan di manapun.
     "Setelah terbentuk embrio perpustakaan, kita harus selalu menghidupkan aktifitas perpustakaan yang ada untuk melakukan kegiatan literasi yaitu membaca, menulis, berkomunikasi dan berdiskusi. Karena roh dari literasi ini adalah kemampuan kita dalam berkomunikasi dan mengelola informasi yang didapatkan saat membaca, berdiskusi, dan salah satu cara kita untuk berkomunikasi adalah dengan menulis," jelasnya.
     Pada kesempatan itu, Verawati mengajak masyarakat menjadi relawan dan penggiat literasi dimanapun berada dengan cara apapun bisa dilakukan. "Kita seharusnya memiliki mimpi yang sama untuk Wonogiri lebih cerdas dan kita diberikan kesempatan untuk ikut sesarengan Mbangun Wonogiri melalui literasi," katanya.
     Ketua Panitia sekaligus Ketua Lingkar Pena Wonogiri, Heri Wanto mengatakan hadirnya organisasi lingkar pena Wonogiri untuk saling belajar, bergerak, berkumpul para penulis di Wonogiri. "Harapan bersama mewujudkan Wonogiri sebagai kabupaten literasi dengan merangkul banyak komponen masyarakat saling mengisi dan menguatkan jalan bersama cita-cita terwujud," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top