Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS 2017/2018 SMP Negeri 2 Manyaran Wonogiri

Print Friendly and PDF

Peserta LDK OSIS SMPN 2 Manyaran saat baris berbaris dibimbing oleh Anggota TNI dari Koramil Manyaran
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS 2017/2018 SMP Negeri 2 Manyaran Wonogiri



Wonogiri–majalahlarise.com- Jiwa seorang pemimpin sudah diajarkan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantoro yakni Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani yang artinya sebagai seorang pemimpin harus dapat memberikan contoh ketika berada di depan, di tengah membangun prakarsa dan kerjasama, di belakang memberikan daya semangat dan dorongan kepada orang yang dipimpin.
     Hal tersebut disampaikan pemateri LDK, Nasiqin, S.Ag dihadapan peserta LDK yang berasal dari kelas VII dan VIII. Dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (21-22/10/2017).
     “Menjadi seorang pemimpin haruslah dapat menjadi contoh dan teladan yang baik bagi teman-temannya, saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama serta memberikan semangat dan dorongan teman-temannya yang memiliki potensi akademik maupun non akademik,” jelasnya.
     Lebih lanjut dikatakannya, sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin yakni jujur dalam perkataan dan tindakan sesuai dengan keadaan batinnya. Istikhomah berpendirian teguh, bijaksana dalam mengambil setiap keputusan tidak berdasarkan emosi, berwibawa menjadi teladan bagi lainnya.
     Ditemui terpisah, Ketua LDK OSIS sekaligus Waka Kesiswaan SMPN 2 Manyaran, Suratno, S.Pd mengatakan tujuan LDK OSIS untuk menumbuhkan serta meningkatkan jiwa kepemimpinan dan mental pada pengurus OSIS baru tahun pelajaran 2017 2018. Memberikan gambaran tentang tugas-tugas dan kewajiban pengurus OSIS. Memberikan ruang bagi pengembangan kreatifitas calon pengurus OSIS hasil pemilihan yang dilaksanakan kemarin. Memberikan dorongan agar mantap dan percaya diri sebagai pengurus OSIS. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap, perilaku, budi pekerti, sopan santun dan kedisiplinan.
     “Materi kegiatan meliputi bimbingan mental siswa dan lingkungan, program kerja OSIS dan teknik penyusunan program kerja OSIS, penjabaran tugas dan kewajiban pengurus OSIS, pembuatan proposal kegiatan, kepemimpinan, prinsip-prinsip ketertiban, tata upacara bendera, baris berbaris serta bagi anak-anak berpotensi pengembangan kompetensi kreatifitas berpikir, penalaran dan menulis diberi materi tentang jurnalistik,” paparnya.
     Sementara itu, Kepala SMPN 2 Manyaran, Ig. Kismanto, MM dalam pembukaan kegiatan LDK berpesan agar para siswa dapat menerapkan bimbingan pengembangan LDK dalam kehidupan sehari-hari di sekolah sehingga dapat melaksanakan kegiatan di sekolah lebih bermutu. “Agar para siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS menjadi contoh siswa yang lain,” katanya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top