TUKAR SIBUSI Pembentukan Karakter melalui Pembiasaan Budaya Positif SMP Negeri 2 Giriwoyo

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Negeri 2 Giriwoyo saat mengikuti kegiatan Tukar SiBusi.


TUKAR SIBUSI Pembentukan Karakter melalui Pembiasaan Budaya Positif SMP Negeri 2 Giriwoyo

Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam rangka menumbuhkan karakter siswa SMP Negeri 2 Giriwoyo (Esperogio) membuat program terobosan harian dengan nama TUKAR SIBUSI atau Pembentukan Karakter melalui Pembiasaan Budaya Positif.  Program ini merupakan upaya untuk membekali siswa dengan Ilmu, ketrampilan dan pembiasaan positif membentuk karakter berlandaskan  iman dan taqwa. 

Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Sekolah memaparkan Program Tukar SiBusi ini yang berisi kegiatan yang dilaksanakan setiap pagi hari sebelum masuk jam pembelajaran. 

Senin dengan SENTRASI (Senin Patriotisme dan Literasi) melalui kegiatan Upacara bendera dan dilanjutkan Literasi ketika bapak ibu Guru melaksanakan refleksi pagi.  Selasa dengan SELAKIR (Selasa Berdzikir dengan sholawat bersama dan Asmaul Husna). Rabu dengan RASI (Rabu Literasi) dalam melatih mental siswa untuk berani berkreasi dan tampil membacakan cerita di hadapan teman-temannya. Kamis dengan KASIH (Kamis Bersih) dengan slogan Bersih sekolahku sehat tubuhku, upaya menumbuhkan kesadaran untuk bersih lingkungan, Jumat dengan JUMANJI (Jumat Mengaji) hafalan Surat Al Quran. Sabtu dengan SASE (Sabtu Sehat) sehat jiwaku sehat ragaku.

"Program Tukar SiBusi ini bukan semata mata hanya untuk siswa muslim saja akan tetapi sekolah tetap memfasilitasi untuk siswa non muslim dengan kegiatan pendalaman iman, serta pengamalan sesuai ajaran Agama yang dianutnya," imbuhnya.

Baca juga: Majelis Tabligh PWM Jawa Tengah Gelar Safari Dakwah di Boyolali

Sri Purwaningsih Trisnowati berharap kegiatan ini  dapat membentuk siswa sebagai generasi yang memiliki karakter kuat, moral yang baik dan sikap yang positif seperti menghormati orang lain, bekerja keras, berempati dan bersikap jujur, menjadi  individu yang berkualitas.

"Sebagai upaya untuk mensukseskan program pembiasaan ini kami berupaya mencari donatur kelengkapan sarana penunjang. Alhamdulillah melalui kerja sama dengan Haryanto Guru SMP Negeri 1 Paranggupito sebagai penghubung dengan Yayasan Al Mu’min Solo dapat bantuan Buku Iqro’ dan Al-Qur’an," terangnya.

Sementara itu, Sunarso, S.Pd selaku Kesiswaan menyambut baik Progam Pembiasaan Budaya Positif ini merupakan terobosan pertama kali di Esperogio yang sebelumnya belum ada. Maka dengan program ini diharapkan sebagai salah satu upaya dalam membentuk karakter siswa di era milenial saat ini.  

"Harapan jangka panjangnya agar apa yang sudah dilakukan disekolah menjadi suatu pembiasaan baik yang secara konsisten juga dilakukan di rumah, dimasyarakat dan tentunya dimanapun berada. Melalui Pembiasaan budaya positif ini diharapkan dapat membawa dampak positif yang lebih besar di tengah-tengah masyarakat," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Tingkatkan Literasi Zakat, Lazismu Solo Gelar Hari Ber-ZIS


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top