Mengenal Kampus STKIP Seram Bagian Timur untuk Menyiapkan SDM ABAD XXI yang Unggul, Kreatif, Kritis, Inovatif, Produktif, dan Inspiratif

Print Friendly and PDF

Mengenal Kampus STKIP Seram Bagian Timur untuk Menyiapkan SDM ABAD XXI yang Unggul, Kreatif, Kritis,  Inovatif, Produktif, dan Inspiratif


Oleh: Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS & Penggiat Literasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M. Rohmadi Ratulisa


Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.


"Kawan, komitmen kelembagaan harus terus dipantik untuk dapat menyiapkan SDM Abad xxi yang unggul, kreatif, kritis, produktif, dan inspiratif agar terus menjadi virus-virus positif untuk berliterasi dengan Ratulisa (rajin menulis & membaca) bagi Multigenerasi NKRI "


       Alhamdulillah tanggal 25 Maret 2024 sore saya mendarat di Bandara Patimura Ambon Indonesia Timur dengan selamat. Kedatangan di Ambon untuk dapat mengenal lebih dekat dan lengkap STKIP Hunimua Seram Bagian Timur (SBT). Perguruan tinggi (PT), termasuk STKIP Hanimua SBT ini harus melakukan pengelolaan perguruan tinggi dengan tingkat kelayakan tertentu agar dapat dipercaya oleh masyarakat. Kelayakan yang dimaksud didasarkan pada suatu kriteria yang objektif, yang dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia, kriteria dimaksud mengacu pada SN DIKTI seperti dirumuskan dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020. Selain mengacu SN DIKTI, perguruan tinggi juga dianjurkan untuk menetapkan SNPT, standar yang ditetapkan oleh PT bersangkutan, yang melampaui SN DIKTI. Adapun lembaga yang bertugas mengeksekusi pemantauan pelaksanaan standar PT adalah BAN PT. 

       Hasil akreditasi PT dan program studi sangat dibutuhkan oleh PT dalam rangka melindungi kepentingan mahasiswa maupun masyarakat sesuai amanah Undang-Undang. Melalui akreditasi PT dan Program studi ke BANPT dan LAM menjadikan kampus memilki sertifikat mutu dari pihak eksternal dan dikenal dengan terakreditasi. STKIP Hunimua SBT didirikan oleh sebuah yayasan yang sudah ada sebelumnya pada tanggal 09 Februari 2016. Dalam hal ini, STKIP Hunimua SBT melaksanakan visi dan misi Lembaga STKIP Hunimua SBT, yaitu sebagai wujud bakti kepada masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur yang berkedudukan di Kota Bula. Setelah STKIP Hunimua SBT berdiri dan telah berhasil mempromosikan kepada masyarakat dan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat di kota Bula dan kecamatan sekitar di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur dan yayasan ITA WOTU NUSA yang menaungi Lembaga STKIP Hunimua SBT. Pada saat itu, STKIP Hunimua SBT telah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru pada tanggal 10 Juli 2016 berdasarkan izin operasional dengan nomor surat 94/KPT/1/2016. Dengan demikian STKIP Hanimua SBT telah menunjukkan upaya, proses, dan merajut kepercayaan Masyarakat secara bertahap.  Sampai akhirnya sudah meluluskan  dengan sukses dan sudah menjadi guru-guru di Seram Bagian Timur.

Kampus dan Aktivitas Kuliah Umum Mahasiswa STKIP Hunimua SBT


       Yayasan sebagai tempat STKP Hunimua SBT bernaung telah melaksanakan visi sebagai  badan penyelenggara: menjadi yayasan yang unggul dalam menyelenggarakan kegiatan Tri dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing. Misi badan penyelenggara: menyelenggarakan lembaga pendidikan, pelatihan, sosial, dan keagamaan yang berkualitas mandiri dan berdaya saing, antara lain dengan: (1) melakukan pengintegrasian antar lembaga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, (2) menghasilkan SDM yang unggul dan memiliki budi pekerti luhur  dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada allah swt, (3) melaksanakan tata kelola lembaga yang baik, dinamis, akuntabel, transparan dan menjaga nilai-nilai membangun negeri ita wotu nusa, (4) melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kinerja lembaga. Komitmen dan kolaborasi antara yayasan dan Ketua STKIP Hanimua SBT terus dijaga dan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.

       Visi STKIP Hunimua SBT, yaitu menjadi pusat lembaga pendidikan yang berkualitas, menyiapkan calon tenaga pendidik yang profesional, cerdas, komperhensif, kompetitif tahun 2025. Kemudian STKIP Hunimua SBT memiliki misi, yaitu: (1) melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu, (2) melaksanakan penelitian untuk mengembangkan SPM atas dasar budaya bangsa dalam upaya mengantisipasi tuntutan dan tantangan di masa depan, (3) mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menyiapkan serta mengembangkan SPM yang berkependidikan luhur serta memiliki daya saing yang tinggi, dan (4) melaksanakan kegiatan yang berorientasi kepada pengkajian, penelitian dan pengembangan pendidikan.

       Secara umum tujuan penyelenggaraan STKIP Hunimua SBT diarahkan pada pembentukan manusia yang beriman, bertakwa, bermoral, berkarakter, inovatif, berjiwa entrepreneurship, berilmu, kritis, santun, demokratis, profesional, memiliki integritas kepribadian dan cinta NKRI. Kemudian secara khusus bertujuan untuk: (a) menghasilkan tenaga pendidik yang berjiwa pancasilais dan entrepreneurship, yang mampu menyelenggarakan pembelajaran inovatif dan terintegrasi Teknologi Informasi Komunikasi sesuai kebutuhan jalur, jenjang dan jenis pendidikan; (b) menghasilkan tenaga Pendidikan yang mampu melakukan penelitian-penelitian inovatif, publikasi ilmiah dan penciptaan HKI, serta terintegrasi dengan kemampuan berbahasa Inggris dan Teknologi Informasi Komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang  inovatif yang berorientasi kepada pengembangan ilmu dan teknologi; (c) menghasilkan tenaga pendidik yang mampu melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan; (d) menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan dan mengokohkan jejaring kemitraan dengan stakeholder, user, perguruan tinggi lain dan lembaga-lembaga pada tingkat nasional dan internasional. 

Kegiatan Akademik dan Nonakademik Sivitas Aakademika STKIP Hunimua SBT.


       Jumlah dosen tetap yayasan sampai tahun 2023 sesuai data di homebased pangkalan data pendidikan tinggi sebanyak 22 dosen dengan Kualifikasi dosen magister dan sudah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) sesuai bidang keilmuan prodi tersebut.STKIP Hunimua SBT saat ini memiliki 4 program studi. Keempat prodi tersebut dipimpin oleh kaprodi dengan nama-nama sebagai berikut : (1) Siti Masyitah Krisnawati Wael, S.Pd.,M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Fisika, (2) Bakri Alis, S.Pd.,M.M sebagai Kaprodi Pendidikan Matematika, (3) Risal Rumalolas, S.Sos., M.M sebagai Kaprodi Pendidikan Ekonomi, dan (4) Ni Kadek Aryanita Dewi, S.Pd., M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jumlah mahasiswa STKIP Hunimua di TS Semester akhir penuh sebanyak 455 mahasiswa aktif terbagi di empat prodi yaitu: (1) pendidikan Fisika dengan mahasiswa berjumlah 76 pendidikan Matematika dengan mahasiswa berjumlah 73, (3) Pendidikan Ekonomi dengan mahasiswa berjumlah 155, dan (4) Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan mahasiswa berjumlah 141. STKIP Hunimua SBT sebagai lembaga yang melaksanakan tri dharma perguruan tinggi di kelola dibawah naungan yayasan ITA WOTU NUSA (mari kita membangun negeri) yang berkedudukan di Kota Bula dan dipimpin oleh Drs. Djen Rumatumia sebagai pendiri sekaligus sebagai Pembina Yayasan.  Berdasarkan hasil wawancara dengan Ketua STKIP Hanimua SBT, Mas Irfan Nugraha, S.Kom., M.M. dijelaskan bahwa STKIP Hunimua SBT terus berbenah untuk meningkatkan kualitas SDM, baik dosen dan mahasiswa dalam rangka mengikuti perkembangan zaman abad xxi. Komitmen ini didukung oleh kepala UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Timur yang snagat menanti lulusan-lulusan STKIP Hanimua SBT untuk menjadi guru yang unggul, kreatif, produktif, dan inspiratif secara bertahap serta berkelanjutan.

       Keberadaan kampus-kampus STKIP di berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia harus terus didukung, dibantu, dan terus menjalankan 5B: bersilaturahmi, berkomunikasi, berkolaborasi, beraksi, dan berliterasi dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca) di istana Arfuzh Ratulisa untuk seluruh sivitas ademika. Hal ini sebagai perwujudan nyata agar semua kampus di daerah berbenah secara profesional dalam penetuan VMTS, tatakelola, tatapamong, kerja sama, dan penjaminan mutu. Dengan demikian akan diperoleh input mahasiswa yang banyak, diproses dan dikelola dengan baik saat pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dengan SDM unggul, kreatif, inovatif, produktif, dan inspiratif. Dosen-dosen yang berkualifikasi S-3 dan memiliki banyak penelitian dan pengabdian yang relevan serat melibatkan mahasiswa. Dengan demikian akan lahirlah alumni-alumni STKIP yang hebat luar biasa sebagai calon guru abad XXI yang kreatif, inovatif, produktif, dan inspiratif. Marilah kita mulai sekarang untuk terus berbenah dan melanjutkan perjuangan agar menghasilkan SDM calon guru abad XXI yang unggul, kreatif, kritis, inovatif, produktif, dan inspiratif secara bertahap dan  berkelanjutan.

“Kebersamaan merupakan silaturahmi dan persahabatan yang akan abadi sepanjang hayat untuk menjadikan mimpi dan imajinasi semakin indah dan memesona untuk mewujudkan ide dalam kata dengan pena yang indah memesona sepanjang masa”


STKIP Hunimua Seram Bagian Timur dan Kota Ambon, 27 Maret 2024


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top