Sukseskan Program P5, SMP Negeri 1 Eromoko Gelar Pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri 1 Eromoko Bertemakan Demokrasi

Print Friendly and PDF

Salah satu siswa yang memasukan kertas suara dalam kotak suara (Foto dok: Windi)


Sukseskan Program P5, SMP Negeri 1 Eromoko Gelar Pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri 1 Eromoko Bertemakan Demokrasi


Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam rangka reorganisasi pergantian kepengurusan OSIS, SMP Negeri 1 Eromoko mengadakan kegiatan pemilihan Ketua OSIS. Senin (9/1/2024).

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS ini dikembangkan oleh para guru di SMP Negeri 1 Eromoko dengan mengkolaborasikan pemilihan ketua OSIS dengan kegiatan P5.  

P5 merupakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu salah satu program kegiatan Merdeka Belajar, yang bertujuan untuk mengembangkan segala aspek yang ada pada siswa melalu kegiatan belajar di lingkungan sekitar. Dengan kegiatan P5 peserta didik diajar untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran di sekolahan sesuai dengan berbagai aspek dalam Pancasila. 

Penanggungjawab kegiatan, Medi mengatakan pemilihan ketua OSIS ini sesuai dengan program P5 yang bertemakan “Suara Demokrasi” selain bertujuan untuk reorganisasi pergantian pengurus OSIS, kegiatan ini juga bermanfaat untuk dapat membekali para peserta didik untuk menyampaikan aspirasi melalui kegiatan Pemilihan Umum.

Penanggungjawab kegiatan, Medi saat memberikan pengarahan kepada para siswa tentang tata cara pemilihan.

Baca juga: Training Publik Speaking di SMP Muhammadiyah PK Solo Bersama Coach Sara Neyrhiza

“Seperti Pemilu yang sebenarnya, sebelum diadakan Pemilihan Umum para calon ketua serta wakil ketua OSIS juga diajarkan untuk berorasi, menyampaikan visi misi, serta diajarkan untuk berkampanye yang tidak menjatuhkan lawan namun dapat membangun kepercayaan para siswa untuk dapat memilih mereka menjadi ketua serta wakil ketua OSIS. Kegiatan ini dapat digunakan oleh peserta didik sebagai pembelajaran cara mengikuti pemelu dengan benar sebelum mereka memiliki hak untuk mengikuti Pemilu yang sebenarnya," ujarnya.

Disampaikan pula, para siswa yang mencalonkan diri untuk menjadi ketua dan wakil ketua OSIS yaitu, Keisha Ramadhanti dan Charissa Aurelia Putri dengan paslon nomer 1. Lalu ada Erzhan Mahardika Pratama dan pasangannya Bagus Dwi Saputra yakni Paslon nomer 2 dan Paslon dengan nomer urut 3 yaitu ada Abi Putra Pratama dan pasangannya Reza Aditya Ramadhan. 

Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini berjalan dengan baik, sebelum memulai pencoblosan para siswa diberi arahan cara mencoblos dengan baik dan benar. Guru menyediakan 2 TPS agar lebih obyektif dala proses pemilu. Layaknya Pemilu yang sebenarnya, proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS berjalan dengan sangat adil dan demokratis. 

Dalam pengumuman hasil pemilu pun dilakukan secara bersama dan disaksikan oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Eromoko. Diperoleh hasil paslon dengan nomer urut 2 yakni Erzhan Mahardika Pratama dan pasangannya Bagus Dwi Saputra sebagai pemenang dan terpilih menjadi Ketua serta wakil Ketua OSIS. (Windi)

Baca juga: Serunya Liburan Akhir Pekan di Kolam Renang Aruni Tirta Abadi, Destinasi Asyik untuk Keluarga



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top