Lewat Tema Rentang Waktu, 282 Karya Mahasiswa DKV ISI Surakarta Angkatan 2023 Dipajang

Print Friendly and PDF

Pengunjung saat melihat karya pameran tugas akhir semester (UAS) mahasiswa Desain Komunikasi Visual, FSRD Institut Seni Indonesia Surakarta angkatan 2023.


Lewat Tema Rentang Waktu, 282 Karya Mahasiswa DKV ISI Surakarta Angkatan 2023 Dipajang

Solo- majalahlarise.com -Beragam karya yang berjumlah 282 tampak memenuhi tiga lantai di Gedung V, Jurusan Desain, dimana pengunjung akan disuguhi sesuai tema yang diangkat yakni Rantai Waktu, dimana setiap lantai gedung mewakili perkembangan seni dari waktu ke waktu, sehingga pengunjung dapat menjelajahi perjalanan seni dari masa lalu hingga saat ini.

Pameran tugas akhir semester (UAS) mahasiswa Desain Komunikasi Visual, FSRD Institut Seni Indonesia Surakarta angkatan 2023 bertajuk "Rantai Waktu" sebagai bagian dari perkuliahan, dimana pameran ini menampilkan total 282 karya dari 3 (tiga) tugas Ujian Akhir Semester (UAS) dari mata kuliah yang berbeda, yaitu Menggambar Etnis, Fotografi, dan Dasar Matra Visual yang digelar pada 12-14 Januari 2024 di Gedung 5 Kampus 2 Mojosongo FSRD ISI Surakarta.

Event yang dibuka oleh Dekan FSRD ISI Surakarta, Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum. yang dihadiri oleh Kaprodi DKV beserta dosen dan mahasiswa.

Pameran ini juga menjadi ajang apresiasi terhadap kerja keras mahasiswa DKV semester I dalam mengerjakan tugas UAS dengan pemilihan mahasiswa terbaik di setiap mata kuliah yang ada di semester I tersebut yakni Dyfania Ratna Hapsari (Terbaik  Dasar Matra Visual), Agustya Kaharani (Terbaik Menggambar Etnis), dan Ahmad Itsar (Terbaik Fotografi Dasar), selain itu juga penghargaan kategori karya terapi Dasar Matra Visual diraih Ahmad Itsar, karya paling detail Menggambar Etnis oleh Intan Nuraeni, dan karya paling estetika Fotografi Dasar diraih Alvin Maulana.

Baca juga: Perayaan Natal Bersama 2023 ISI Solo dan UNS, Merajut Keberagaman dalam Damai dan Kemuliaan

Dalam sambutannya, Rendya Adi Kurniawan, M.Sn selaku Kaprodi DKV menyatakan pameran ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang digelar oleh DKV ISI Surakarta, selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya, khususnya bidang desain komunikasi visual.

Dalam rilisnya sebagai dosen pembimbing kegiatan dan salah satu dosen pengampu, Indriati Suci Pravitasari M.Sn., mengatakan pameran ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi mahasiswa untuk terus berkarya. "Pameran ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan karya-karya mereka kepada masyarakat dan semoga pameran ini juga dapat membangkitkan semangat mahasiswa untuk terus berkarya" imbuhnya.

Sedangkan menurut MD Premadasa Mas selaku ketua panitia pameran bahwa konsep pameran ini adalah mengajak pengunjung untuk melihat perkembangan seni dari waktu ke waktu, dimana setiap lantai gedung pameran mewakili satu periode perkembangan seni, mulai dari seni primitif hingga seni modern ungkapnya.

Pameran ini mendapat sambutan positif terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang untuk melihat karya mahasiswa DKV ISI Surakarta semester I yang juga diisi berupa sesi bedah karya dan hiburan berupa pentas musik. (Sofyan)

Baca juga: Pengukuhan 14 Aisyiyah Gatak Diisi Tausiyah Majelis Tabligh PWM Jateng


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top