Selaraskan Kebutuhan Dunia Industri, SMK Negeri 1 Pracimantoro Gelar Pelatihan Digital Journalism

Print Friendly and PDF

 

Guru tamu, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos saat menyampaikan materi tentang jurnalistik, teknik liputan dan penulisan berita.

Selaraskan Kebutuhan Dunia Industri, SMK Negeri 1 Pracimantoro Gelar Pelatihan Digital Journalism

Wonogiri- majalahlarise.com -SMK Negeri 1 Pracimantoro memberi bekal ilmu selaras dengan dunia industri di bidang jurnalistik digital kepada siswa yang tergabung dalam DJS (Digital Journalism Skansaprasta. Kegiatan ini menghadirkan guru tamu Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Praktisi Jurnalistik pengelola majalahlarise.com), Anggri Valerian Padmanaba Purbakusuma, S.Pd (praktisi fotografi) dan Sika Agusta Fermi Susila, S.ST.Par (mobile journalism). Bertempat di function room sekolah. Selasa (12/12/2023).

Kepala SMK Negeri 1 Pracimantoro, Risdiyanto, S.Pd diwakili pembina DJS Sika Agusta Fermi Susila, S.ST.Par menyampaikan pelatihan digital journalism memberikan penguatan materi jurnalistik kepada siswa yang tergabung dalam tim kreator media digital sekolah atau DJS (Digital Journalism Skansaprasta) yang berdiri tahun 2021 pada saat pandemi.

Baca juga: Tim Dosen UHW Perbanas Beri Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM

"Kegiatan ini mengajarkan proses meliput suatu berita sampai editing dan upload di media sosial sekolah. Selain itu dengan pelatihan ini lebih maksimal lagi pembuatan konten," ujarnya.

Disampaikan pula, adanya DJS memberikan wadah bagi siswa mengembangkan kemampuan dalam bidang konten kreator yang ilmunya bisa digunakan dalam pekerjaan di perusahaan.

"Ada beberapa siswa dulu ikut DJS setelah lulus bekerja di tim digital kreator perusahaan. Karena mereka sudah terlatih mempunyai kemampuan, pengalaman dan punya rekam jejak karya," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, adanya DJS ini memberikan manfaat bagi sekolah dalam mempublikasikan semua kegiatan sekolah. "Tanpa ada yang meliput dan meng-upload di media sosial, sekolah tidak pernah di kenal oleh orang lain," ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Fira Sri Lestari kelas XI Kuliner 1 mengaku keikutsertaan bergabung di DJS ingin menambah kemampuan skill, menulis naskah, editing dan podcast karena pernah bermain podcast di YouTube.

"Setelah mengikuti pelatihan ini paham cara menulis naskah berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Semoga saja bisa mempraktikkannya," harapnya.

Dalam pelatihan liputan dan menulis berita, guru tamu Sofyan Yuli Antonius, S.Sos menjelaskan tentang pengertian jurnalistik, teknik wawancara, berita beserta karakteristik informasi yang memiliki nilai berita dan cara beserta tahapan menulis berita langsung untuk media online. (Juan)

Baca juga: UCC Unisri Laksanakan Rekrutmen Melalui Kampus Hiring 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top