ASTiF UMS Malaysia Jajaki Kerja Sama dengan ISI Solo

Print Friendly and PDF

Academy of Arts and Creative Technology (ASTiF--Akademi Seni dan Teknologi Kreatif) Universiti Malaysia Sabah (UMS) dan Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) melakukan komunikasi awal untuk penjajakan kerja sama.


ASTiF UMS Malaysia Jajaki Kerja Sama dengan ISI Solo

Solo- majalahlarise.com -Academy of Arts and Creative Technology (ASTiF--Akademi Seni dan Teknologi Kreatif) Universiti Malaysia Sabah (UMS) dan Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) melakukan komunikasi awal untuk penjajakan kerja sama di sejumlah bidang yang tercakup dalam Tridharma Perguruan Tinggi meliputi penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa, konferensi dan penulisan jurnal ilmiah, pameran seni rupa dan pertunjukan seni. 

Dr. Sri Ningsih Sukirman, Ketua Program Seni Kreatif ASTiF UMS diterima oleh Tim Kerja Sama, Urusan Internasional, Sekretariat Pimpinan dan Humas ISI Solo di Ruang Rapat I Gedung Rektorat ISI Solo Kampus Kentingan Kamis (28/12). Dalam pembicaraan selama kurang lebih dua jam dan dalam suasana yang riang gembira tersebut, pihak ASTiF menyampaikan sejumlah program dan kegiatan yang dimungkinkan dapat dituangkan dalam dokumen kerja sama baik di level MoU, MoA, maupun IA. 

Menjadi penting untuk dipahami semua pihak karena sejumlah perbedaan dalam pengelolaan dokumen dan kegiatan karena masing-masing mempunyai kebijakan dan arah pengembangan kelembagaan yang berbeda –terutama karena regulasi di Indonesia dan Malaysia.


Baca juga: Ujian Tahfiz Juz 30 dan 29 SD Muhammadiyah PK Banyudono Berlangsung Meriah Selama Liburan

Raden Aditya Nandi Wardhana, Staf Urusan Internasional ISI Solo menyampaikan sejumlah pengalaman kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri, utamanya Malaysia. 

“Kami sudah melakukan kerja sama dengan beberapa kampus di Malaysia, dan memang ada perbedaan mendasar yang harus dipahami bersama agar ke depan tidak ada kesalahpahaman karena perbedaan tersebut,” ujarnya.

Staf Urusan Kerja Sama, Tri Murti Dian Suminar menyatakan yang terpenting adalah ada tindak lanjut yang nyata dari perjanjian kerja sama antara ISI Solo dan ASTiF UMS ini.

Ketua Tim Kerja Kehumasan dan Layanan Publik, Anhar Widodo menyampaikan ucapan terima kasih atas niat baik dari pihak ASTiF UMS dan berharap setelah diskusi pendahuluan ini segera disusul dengan program dan kegiatan yang produktif dan mendukung pencapaian visi dan misi dari ASTiF UMS dan ISI Solo.

Dr. Sri Ningsih menyatakan hasil diskusi dan penjajakan awal dengan ISI Solo ini akan segera disampaikan ke pimpinan ASTiF UMS untuk mendapatkan petunjuk dan arahan bagaimana rancangan besar kerja sama antara ISI Solo dan ASTiF UMS dapat dilaksanakan pada tahun 2024. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah 1 Solo Menggelar Baitul Arqam Guru dan Karyawan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top