Pemberdayaan UMKM Kadipiro (PAPINE MAS WIRO) Oleh ISI Surakarta dan USAHID

Print Friendly and PDF

Pelatihan Desain dan Media Sosial bagi UMKM PAPINE MAS WIRO.


Pemberdayaan UMKM Kadipiro (PAPINE MAS WIRO) Oleh ISI Surakarta dan USAHID

Solo- majalahlarise.com -Dosen ISI Surakarta bersama USAHID mengadakan Pelatihan Desain dan Media Sosial bagi UMKM PAPINE MAS WIRO. Pelatihan melibatkan 20 UMKM dari 10 UMKM yang sudah ditargetkan ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok UMKM di lingkungan Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Minggu, (8/10/2023).

Ketua tim pelaksana kegiatan, Dr. Hesti Heriwati, M.Pd, M.Hum menerangkan metode pelaksanaan pemantauan terhadap UMKM dan memberikan penyuluhan agar ada peningkatan penjualan. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Narasumber yaitu Evelyn Henny Lukitasari, S.Sn, M.Sn dari USAHID dengan materi Pentingnya Desain Kemasan, Display, dan Media Promosi Produk, Bagas dari HIMAFISI ISI Surakarta dengan materi Pelatihan dan Praktek Pembuatan Video (Capcut) untuk Promosi Produk, dan Narasumber 3 yaitu Arif Madu Asli dari ISI Surakarta dengan materi Kiat Penggunaan Sosial Media yang Efektif untuk Promosi Produk UMKM. Salah satu UMKM di PAPINE MAS WIRO adalah Sate kere, Warmin Syalala, Pak Jiting, Warung bu Sri, dan masih banyak lagi. 20 UMKM yang hadir dalam pelatihan sangat antusias dengan program yang diadakan oleh pihak ISI Surakarta dan USAHID.

Anggota tim, Eko Sri Haryanto, S.Sn, M.Sn berharap adanya pelatihan ini dapat menumbuh kembangkan usaha, usaha semakin berkelanjutan, dan dapat melaksanakan kerjasana secara rutin.

Baca juga: Tanamkan Karakter dan Jiwa Nasionalisme, Siswa SMPN 1 Manyaran Outing Class ke Batu Malang

Lurah Desa Kadipiro Arif Budiman, S. STP berpesan kepada para ketua pelaksana agar pelatihan ini bisa dilaksanakan secara rutin, 3 bulan sekali ataupun 6 bulan sekali karena sangat bermanfaat untuk peningkatan UMKM di Kadipiro. 

Siti Aminah dengan nama usaha kedai Bu Siti, menyampaikan adanya pelatihan ini para UMKM merasa diperhatikan dan merasa lebih bersemangat untuk berjualan,  dan sangat mengucapkan terimakasih kepada pihak pelaksana program, semoga kedepannya bisa ada pembinaan lagi sehingga usahanya bisa dikenal lebih banyak Masyarakat. 

Siti Syarifah dengan nama usaha Dapur Bunda Ifha, menyampaikan dengan adanya kegiatan ini kelompok UMKM mendapat ilmu untuk mengembangkan usahanya, semoga usahanya bisa maju dan berkembang sehingga lebih banyak konsumen, harapannya adalah agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dilain waktu.

Sedangkan narasumber Evelyn Henny Lukitasari, S.Sn, M.Sn, menuturkan acara ini sangat menarik tujuan utamanya adalah untuk pemberdayaan UMKM Kadipiro semoga kedepannya tujuan dari program ini bisa terlaksana dengan lancar. 

"Point penting dalam pelatihan ini adalah UMKM menghasilkan beberapa peningkatan mindset tentang pentingnya peningkatan pemasaran, peningkatan keahlian desain promosi dan sosial media, memiliki kemampuan menggunakan sosial media, serta hibah berupa materi promosi dan rak display bagi UMKM," jelasnya. (Sofyan)

Baca juga: MIM Program Khusus Ngaliyan Simo Gelar Sholat Istisqa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top