Fatipa Unisri Dampingi Kader Kesehatan Kelurahan Panularan Dalam Pembuatan Makanan Protein Tinggi dengan Alat Lebih Modern

Print Friendly and PDF

Tim FATIPA Unisri dalam pembuatan makanan protein tinggi. 


FATIPA Unisri Dampingi Kader Kesehatan Kelurahan Panularan Dalam Pembuatan Makanan Protein Tinggi dengan Alat Lebih Modern

 Solo- majalahlarise.com -Fakultas Teknologi Industri pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta dampingi ibu-ibu kader kesehatan di rumah Joglo RW 2 kelurahan Panularan, kecamatan Laweyan Surakarta dalam pembuatan makanan protein tinggi. Rabu (11/10/2023).

Menurut ketua tim Dr.Merkuria Karyantina, SP, MP. salah satu bentuk kegiatan ini antara lain pembuatan nugget dan bakso berbasis ikan patin dengan sasaran balita usia 12-24 bulan, gadon ikan patin dengan sasaran usia 9-12 bulan serta mash potato (ikan patin+wortel+ brokoli) dengan sasaran usia 6-9 bulan.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian pengabdian yang dilakukan oleh tim FATIPA UNISRI dengan pendanaan dari Kementrian Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun 2023," terangnya.

Baca juga: BKAM Desa Baleharjo Sediakan Layanan Ambulans Gratis

Merkuria menambahkan kegiatan ini sebagai upaya untuk membantu penanganan stunting di Kelurahan Panularan. Semua makanan yang diolah berbasis ikan patin yang harganya terjangkau masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan gizi balita penderita stunting khususnya. Selain lebih mengenalkan pemanfaatan ikan, makanan yang disajikan lebih bervariasi dan tidak membosankan bagi balita. Bantuan alat yang diberikan untuk menunjang kinerja kader antara lain kompor, mixer, chopper, dandang, timbangan, dan beberapa alat masak lainnya. 

Kristina Sriwahyuni, AMG selaku penanggung jawab UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) Puskesmas Penumping menjelaskan kegiatan pemberian makanan ke balita sudah dilakukan oleh kader secara periodik. 

"Kegiatan ini diikuti oleh 27 ibu-ibu di Kelurahan Panularan yang terdiri dari Pokja 4, kader kesehatan dari 8 RW serta ibu Balita. Sesuai dengan program pengabdian, FATIPA dengan melakukan pendampingan ke Masyarakat dalam membantu menyiapkan makanan protein tinggi sampai di tingkat RW, sehingga kegiatan ini cukup sesuai dengan tujuan program. Makanan hasil dari kegiatan ini, akan dibagikan ke Balita yang ada di Kelurahan Panularan," pungkasnya.

Sementara tim pelaksanan Vivi Nuranini, S.Pi.,M.Sc. menjelaskan kegiatan ini dilakukan di 3 kelurahan lainnya di wilayah kerja Puskesmas Penumping dengan melibatkan mahasiswa Fatipa sebagai tenaga pelaksana.

Dengan alat masak sederhana milik kader kesehatan kami hanya bisa membuat menu yang kurang variatif seperti sup, tahu, tempe dan ikan yang hanya digoreng.

"Kami berharap dengan adanya bantuan alat alat ini semakin membantu kinerja kader dalam membantu penanganan masalah stunting," jelas Suwarni salah satu kader kesehatan. (Sofyan)

Baca juga: Tanamkan Karakter dan Jiwa Nasionalisme, Siswa SMPN 1 Manyaran Outing Class ke Batu Malang


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top