Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Harus Mandiri dan Kreatif

Print Friendly and PDF

 

Dekan FISH Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Yoto Wiododo saat memberi sambutan penerimaan mahasiswa baru.

Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Harus Mandiri dan Kreatif

Sukoharjo- majalahlarise.com -Setelah mengikuti kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tahun akademik 2023/ 2024 selama tiga hari lamanya. Senin-Rabu (18-20/9/2023). Selanjutnya mahasiswa baru mengikuti perkuliahan di masing-masing program studi dipilihnya. Seperti di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) sebelum mereka melaksanakan perkuliahan diselenggarakan acara penyambutan dan penerimaan mahasiswa baru. Bertempat di ruang kuliah Gedung FISH lantai 2. Kamis (21/9/2023).

Dekan FISH Univet Bantara, Dr. Yoto Widodo, M.Si dalam sambutan menyampaikan status mahasiswa sudah berbeda dengan siswa sewaktu di SMA. Mereka harus lebih mandiri, kreatif, proaktif dalam mendapatkan ilmu tidak hanya dari dosen tetapi dari media yang lain dari buku perpustakaan, internet sangat mudah diakses mendapatkan ilmu terkait ilmu Komunikasi.

"Dengan kurikulum MBKM sangat membuka peluang bagi mahasiswa untuk bisa memulai membuka jaringan dengan mahasiswa lain, perguruan tinggi lain. Oleh karena itu tergantung dari mahasiswa yang bersangkutan ingin maju, sukses mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya. Model belajar mahasiswa harus dirubah mindsetnya," paparnya.

Crew GIVE RADIO saat menjelaskan tentang dunia kepenyiaran di GIVE RADIO.

Baca juga: Hesti Prihartini, Duta Pepelingasih Terbaik l Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023

Sementara itu, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Henny Sri Kusumawati, S.Sos, M.I.Kom mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru angkatan 2023. Berharap bisa meneruskan apa yang menjadi tema dari PKKMB Universitas yaitu meneruskan tradisi prestasi.

"Semoga angkatan yang baru ini lebih bisa berprestasi, lebih bersemangat dalam meraih mimpi dan mengembangkan diri," harapnya.

Dalam sesi pengenalan akademik, Dosen Hariyanto, S.Sos, M.I.kom menerangkan pendidikan merupakan investasi untuk pengembangan diri belajar dari dosen, para pakar dan ahli, meraih pengetahuan yang sangat berharga. Terlebih di Prodi Ilmu Komunikasi ada komunitas pengembangan potensi mahasiswa seperti komunitas fotografi, radio, jurnalistik, televisi, desain grafis.

"Keterlibatan mahasiswa baru dalam komunitas ini akan mampu memaksimalkan potensi diri dengan belajar di laboratorium yang telah disediakan yaitu laboratorium radio, media cetak, fotografi, multimedia dan televisi," ucapnya.

Disampaikan pula, dalam belajar dibutuhkan menjaga stabil dan konsisten dalam belajar, setiap praktik harus dilakukan. Selain itu
semangat belajar, kemampuan, kemauan mengatur waktu dengan baik untuk menghindari stres maka diperlukan manajemen waktu.



"Jalinlah hubungan yang baik dengan dosen, teman sekelas, teman beda kelas, kakak tingkat. Dosen merupakan salah satu sumber pengetahuan dan pengalaman yang bisa dijadikan rujukan. Meskipun teknologi informasi dan Artificial Intelligence (AI)  berkembang cepat," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru dikenalkan berbagai kegiatan mahasiswa di Program Studi seperti Ormawa HMP Ilmu Komunikasi, GIVE RADIO internet kampus dan sebagainya. (Sofyan)

Baca juga: Tampilan Diskoplo Meriahkan Puncak PKKMB 2023/ 2024 Univet Bantara Sukoharjo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top