Dalam Rangka Milad ke-66 Tahun, SD Muhammadiyah Sambon Gelar Wayang Golek Pitutur

Print Friendly and PDF

Dalang Ki Bagus Hadi Pujiono memegang wayang golek saat foto bersama.


Dalam Rangka Milad ke-66 Tahun, SD Muhammadiyah Sambon Gelar Wayang Golek Pitutur 

Boyolali- majalahlarise.com -Dalam upaya mempertahankan warisan budaya tradisional, SD Muhammadiyah Sambon menggelar pertunjukan Wayang Golek Pitutur dengan Dalang Ki Bagus Hadi Pujiono mengusung lakon Jejak 2 Kyai. Acara yang diadakan di halaman sekolah ini menjadi sorotan utama masyarakat setempat. Sabtu (23/9/2023).

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini menjadi magnet bagi warga sekitar yang ingin menikmati seni tradisional Jawa yang langka. Wayang Golek Pitutur yang dipentaskan oleh dalang terkenal, memukau penonton dengan cerita yang sarat pesan moral dan humor yang menghibur.

Kepala Desa Sambon, Drs Prayitno, turut hadir dalam acara ini sebagai tamu kehormatan. Dalam sambutannya mengapresiasi upaya sekolah dalam melestarikan seni budaya tradisional yang kaya makna. Acara semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk tetap mencintai dan merawat warisan budaya leluhur.

Baca juga: Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Harus Mandiri dan Kreatif

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sambon Nurudin, S.Pd.I mengatakan telah berusaha keras untuk menghadirkan acara ini dengan baik, melibatkan siswa-siswi dalam persiapan dan pelaksanaan. Pihaknya mengundang masyarakat sekitar untuk turut meramaikan acara ini, menciptakan ikatan yang erat antara sekolah dan komunitas setempat.

"Pertunjukan Wayang Golek Pitutur di SD Muhammadiyah Sambon bukan hanya sebuah acara hiburan, tetapi juga merupakan langkah positif dalam pelestarian budaya yang semakin langka. Diharapkan acara semacam ini akan terus diadakan di masa depan untuk terus memperkaya warisan budaya Indonesia," harapnya.

Sementara Ketua Paguyuban Wali Murid sekaligus penyanyi sinden beken Purwati mengaku sangat bangga dengan kegiatan ini wali murid dilibatkan sehingga kekeluargaan lebih teras. 

"Terima kasih Ki Bagus Pujiono atas kesediaannya pentas di SD Musamba. Semoga SD Muhammadiyah Sambon semakin berprestasi, semakin di hati dan semakin berkah," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Hesti Prihartini, Duta Pepelingasih Terbaik l Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top