Sambut Bulan Ramadhan, SMP Negeri 2 Pracimantoro Gelar Pengajian Akbar

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 2 Pracimantoro saat mengikuti pengajian Akbar menyambut bulan Ramadhan 2023.


Sambut Bulan Ramadhan, SMP Negeri 2 Pracimantoro Gelar Pengajian Akbar

Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1444H tahun 2023, SMP Negeri 2 Pracimantoro menggelar pengajian Akbar menghadirkan ustad Susanto (guru SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro diikuti siswa dan guru. Bertempat di halaman sekolah. Selasa (21/3/2023).

Kepala SMPN 2 Pracimantoro, Asih Budi Utami saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan kegiatan ini sebagai persiapan siswa menyambut bulan Ramadhan. Selain itu, siswa memahami dan mengetahui amalan apa saja yang dilakukan di bulan Ramadhan sehingga dapat melaksanakan ibadah secara maksimal.

"Kegiatan ini salah satu program sekolah dalam rangka membentuk karakter anak supaya anak-anak lebih relegius, lebih paham terkait kewajiban dan tugasnya," ungkapnya.

Kepala SMP Negeri 2 Pracimanto saat memberikan sambutan.

Baca juga: Studi Tiru 5 Kepsek ke SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta

Disinggung program kegiatan selama bulan Ramadhan, wanita yang akrab disapa Bu Asih ini mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan bagian kesiswaan dan OSIS setiap pagi ada kegiatan kultum dari siswa diselingi dari bapak dan ibu guru. Selain itu menghadirkan ustad dari luar sekolah untuk memberikan kultum.

"Kegiatan ini dikandung maksud anak-anak semakin paham melaksanakan amalan ibadah, memiliki rasa relegius dan meningkatkan ketaatan menjalankan perintah agama," tuturnya.

Disampaikan pula, selain di bulan Ramadhan sekolah melaksanakan kegiatan rutin pembentukan karakter siswa yaitu sebelum kegiatan belajar mengajar pukul 06.45-07.15 WIB ada kegiatan pembiasaan siswa diantaranya pendidikan karakter, apel pagi menyanyikan lagu nasional, lagu Indonesia Raya tiga stansa, mars SMP dan hafalan juz amma.

Sementara itu, ustad Susanto menyampaikan selama bulan Ramadhan ibadah puasa merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh orang-orang beriman yang tujuannya menjadi orang bertakwa. Selain ibadah puasa, pihaknya juga menekankan kepada siswa agar membaca Al Qur'an.

"Kalau baru bisa membaca iqro juga terus membaca. Karena satu huruf yang dibaca dari Al Qur'an sudah dihitung amalan ibadah. Maka dari itu teruslah membaca Al Qur'an menjadi kegiatan keseharian tidak hanya di bulan Ramadhan," ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Tarhib Ramadhan SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Pawai Dan Mendongeng



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top