HMPS PGSD Unisri Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Hadiluwih

Print Friendly and PDF

Mahasiswa Unisri tergabung dalam HMPS PGSD saat melaksanakan pengabdian masyarakat.


HMPS PGSD Unisri Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Hadiluwih

Solo- majalahlarise.com -Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mengadakan pengabadian masyarakat dalam rangka melaksanakan program kerja pengabdian masyarakat, yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (18-19/3/2023). 

Ketua HMPS PGSD 2022/2023 FKIP UNISRI, Della Agata mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan mengajar pada mahasiswa dalam mendidik siswa SD melalui pengalaman langsung, berbagi inovasi kewirausahaan dengan masyarakat setempat, serta meningkatkan kepedulian mahasiswa dalam bermasyarakat, melalui optimalisasi potensi sumber daya masyarakat Desa Hadiluwih, Sumberlawang Sragen.

Pengabdian masyarakat di Desa Hadiluwih yang diadakan selama dua hari, melaksanakan kegiatan sosialisasi Kewirausahaan yang diikuti oleh ibu - ibu PKK Desa Hadiluwih, tentang kerupuk jamur. Dimana ini merupakan inovasi baru yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan potensi kewirausahaan Desa Hadiluwih. 

Baca juga: Resepsi Milad 15 Tahun SD Muhammadiyah PK Banyudono

"Harapannya kewirausahaan ini dapat berkembang dan berjalan sehingga nanti bisa dikenal oleh masyarakat luas mengenai Krupuk Jamur Tiram," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan berikutnya sarasehan bersama karang taruna Desa Hadiluwih. Menggali potensi karang taruna Desa Hadiluwih dalam rangka membantu mengembangkan marketing atau pemasaran dari krupuk jamur.

"Kegiatan edukasi dengan anak - anak Desa Hadiluwih dengan materi sopan santun, disiplin, dan giat belajar. Adapun pembiasaan sopan santun melalui pengucapan maaf, tolong, terimakasih dan permisi.

(Bernyanyi menggunakan nada lagu "Kalau kau suka hati")

Kalau berbuat salah bilang Maaf, Maaf

Kalau butuh bantuan bilang Tolong, Tolong

Kalau dapat hadiah ucap terimakasih

Kalau mau lewat ucapkan permisi

Kegiatan selanjutnya, pembagian Sembako kepada beberapa warga Desa Hadiluwih yang membutuhkan, diutamakan kepada lansia dan keluarga ekonomi menengah ke bawah

Setiap tahun HMPS PGSD melaksanakan program kerja tahunan dengan tema yang berbeda. Tahun ini mengusung tema Optimalisasi Potensi Sumber Daya Masyarakat Desa Hadiluwuih Melalui Program Pengabdian Masyarakat. 

"Kegiatan ini akan memiliki lanjutan yakni membuat Rumah Belajar bagi siswa di Desa Hadiluwih dimana hal ini gratis atau tidak memungut biaya sepeser pun," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: Penyerahan Hadiah Lomba Video Kreatif dan Expo Produk Mahasiswa KKN Univet Bantara Periode II Tahun Akademik 2022/ 2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top