PENGGUNAAN ALAT PERAGA “MONOPUS” MONOPOLI PUISI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN ALAT PERAGA “MONOPUS” MONOPOLI PUISI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Oleh : Susanti Mahmudah, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Karanganyar, Demak Jawa Tengah

Susanti Mahmudah, S.Pd.



       Pendidikan adalah pilar kehidupan suatu bangsa. Semakin maju pendidikan, maka semakin terarah pula kesejahteraan masyarakatnya. Demikian pula para guru senantiasa berusaha untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Guru dapat memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Selain itu, guru juga harus menguasai strategi pembelajaran agar siswa dapat belajar secara efektif. Strategi pembelajaran dalam hal ini adalah penguasaan guru mengenai model, metode serta media pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut, untuk menunjang peningkatan kualitas pembelajaran yang bersifat kontinu agar pembelajaran dapat mudah diterima dan berlangsung menyenangkan, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah menggunakan alat peraga.

       Alat peraga pendidikan merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, ketrampilan dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada siswa. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan alat peraga. Dalam KBM yang dilaksanakan di Kelas 8, guru dapat menggunakan alat peraga Monopoli Puisi pada materi Teks Puisi. Dimana dengan perbantuan alat peraga dapat menjadikan target pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan tujuan indikator pencapaian kompetensi. Di sisi lain, pembelajaran dengan Teks Puisi perbantuan alat peraga monopoli puisi menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, kreatif, inovatif, dan berdiferensial. 

       Alat peraga merupakan bagian dari media pembelajaran istilah media perlu dipahami lebih dahulu sebelum dibahas mengenai alat peraga lebih lanjut. Media pembelajaran diartikan semua benda sebagai alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas yang menjadi perantara terjadinya proses belajar, dapat berwujud perangkat lunak atau maupun perangkat keras. Berdasarkan fungsinya media pembelajaran dapat berbentuk alat peraga dan sarana pembelajaran.

       Alat peraga permainan monopoli merupakan salah satu permainan yang dapat menimbulkan kegiatan belajar yang menarik dan membantu suasana belajar menjadi senang, hidup dan santai. Hasil penelitian beberapa ahli yang telah menguji kelayakan permainan monopoli memberikan kesimpulan bahwa permainan monopoli layak digunakan sebagai alat peraga pembelajaran karena permainan monopoli ini merupakan salah satu permainan yang dapat menimbulkan kegiatan belajar mengajar yang menarik, hidup, menyenangkan dan santai serta mempunyai kemampuan untuk melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar secara aktif dalam memecahkan masalah-masalah yang ada sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

       Permainan monopoli digunakan sebagai alat peraga pembelajaran karena secara umum siswa sudah mengenal permainan tersebut, sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilakukan akan lebih menarik dan suasana akan menjadi santai namun juga memperoleh banyak pengetahuan. Alat peraga monopoli termasuk dalam media pembelajaran dua dimensi atau grafis. 

       Dari segi pengadaannya, alat peraga dapat dikelompokkan sebagai alat peraga sederhana dan alat peraga buatan pabrik. Pembuatan alat peraga sederhana biasanya dimanfaatkan  dilingkungan sekitar dan dapat dibuat sendiri. Sebagai contoh pada siswa kelas 8D SMP Negeri 1 Karanganyar, Senin, 22 Agustus 2022 materi teks puisi menggunakan alat peraga sederhana berupa “Monopus (Monopili Puisi)” sebagai media dan alat belajar praktik untuk memahami materi puisi, macam-macam puisi, periodisasi puisi, serta menulis puisi sesuai tema yang sudah ditentukan.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top