KKN-T UNISRI Mengedukasi Pentingnya Bahasa Inggris Sejak Dini

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN saat foto bersama siswa SD N 2 Pogung.


KKN-T UNISRI Mengedukasi Pentingnya Bahasa Inggris Sejak Dini

Klaten- majalahlarise.com -Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertema Unisri berkontribusi dalam kebangkitan pasca pandemi yang dilaksanakan dalam bentuk pengabdian diri kepada masyarakat desa tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN itu sendiri. KKN Kelompok 70 Universitas Slamet Riyadi Surakarta berlokasi di Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten yang beranggota 14 orang dari tiga jurusan yang di ketuai oleh Bagas Hariyanto. 

Kelompok 70 melakukan pengabdian kepada masyarakat Desa Pogung berupa memberikan edukasi kepada anak – anak di SD N 2 Pogung tentang penting nya Bahasa Inggris dalam peningkatan mutu pendidikan anak. Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok 70 dan anak – anak SD N 2 Pogung dari kelas 4 hingga kelas 6 yang berjumlah 22 orang. 

Di era globalisasi saat ini, bahasa inggris merupakan bahasa yang wajib di pelajari untuk menghadapi perkembangan dunia yang semakin maju dari waktu ke waktu. Pengenalan dengan bahasa inggris tentu harus dilakukan sejak dini untuk menjadi bekal dalam kedepannya. Salah satu cara pengenalan bahasa inggris kepada anak sejak dini yaitu dengan ada nya mata pelajaran bahasa inggris mulai dari kelas 4.

Anak – anak di SD N 2 Pogung ini cenderung memiliki keengganan untuk mempelajari bahasa inggris karena pengucapan dalam berbahasa inggris memiliki perbedaan yang signifikan dengan bahasa Indonesia, oleh sebab itu anak –anak di SD N 2 Pogung tidak menyukai mata pelajaran bahasa inggris karena pengucapaannya yang sulit. 

Kelompok KKN 70 berinisiatif untuk memberikan edukasi kepada anak anak di SD N 2 Pogung tentang asyik nya belajar bahasa inggris, dan pengucapan dalam bahasa inggris tidak lah sulit untuk di lakukan. Edukasi dilakukan dengan pengenalan barang – barang di sekitar anak – anak dalam bahasa inggris. 

Anak anak di SD N 2 Pogung diajak untuk ikut mengucapkan nama – nama benda di sekitar menggunakan bahasa inggris, hal ini sebagai langkah awal pengenalan dan pembiasaan pengucapan bahasa inggris di kehidupan sehari-hari. Anak anak di SD N 2 Pogung diajak untuk berani mengucapkan kata – kata dalam bahasa inggris di depan kelas dengan menebak benda – benda disekitar dalam bahasa inggris. Selain melatih pembiasaan dalam pengucapan dalam bahasa inggris, edukasi ini juga mengajar kan untuk berani bicara di depan orang banyak. 

Pada saat edukasi berlangsung, suasana kelas berlangsung cukup kondusif dengan antusias dari anak anak di SD N 2 Pogung yang cukup tinggi untuk mengikuti edukasi ini. Sebagai apresiasi kepada anak anak di SD N 2 Pogung, Kelompok 70 memberikan doorprize kepada anak anak yang berani menjawab pertanyaan, melakukan perkenalan diri dalam bahasa inggris, serta menebak benda benda di sekitar dalam bahasa inggris. 

"Diharapkan dengan adanya edukasi ini anak anak di SD N 2 Pogung mulai terbiasa dan memiliki motivasi yang lebih untuk mempelajari bahasa inggris guna mempersiapkan masa depan yang lebih modern," terang Bagas Hariyanto selaku ketua kelompok. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top