Mahasiswa UNISRI Aktif Berkontribusi dalam Pelayanan Umum serta Pengarsipan Dokumen di Kantor Kecamatan Banjarsari Surakarta

Print Friendly and PDF

Wawan Akbar Nugroho, Wahyuningsih, Septian Ricko Aryono, Rima Elisa Maharani, dan Asis Fernanda saat melaksanakan magang.

Mahasiswa UNISRI Aktif Berkontribusi dalam Pelayanan Umum serta Pengarsipan Dokumen di Kantor Kecamatan Banjarsari Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta, semester 7 melakukan kegiatan MBKM Magang Kerja di kantor Kecamatan Banjarsari Surakarta yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 November – 30 Desember 2021. 

Kegiatan magang di kantor Kecamatan Banjarsari ini dilaksanakan secara berkelompok yang beranggotakan Wawan Akbar Nugroho, Wahyuningsih, Septian Ricko Aryono, Rima Elisa Maharani, dan Asis Fernanda dengan DPM (Dosen Pembimbing Magang) Dra. Rahayu Triastity. 

Dalam pelaksanaan kegiatan magang tersebut, dilakukan pembagian mahasiswa ditugaskan pada kesekretariatan dan pelayanan umum.

"Pada bagian pelayanan umum tersebut, kami melayani dan membantu terkait kepengurusan Surat Waris (SKW), Surat Keterangan Pindah/Datang (SKP/SKD), Kartu Keluarga, KTP dan Kartu Indentitas Anak (KIA). Selain itu, kami juga membantu dalam melakukan proses pengajuan terkait pembuatan KK maupun KTP baru / hilang / rusak maupun perubahan data yang kini dilakukan secara online melalui aplikasi “dukcapil dalam genggaman”. Kami juga sekaligus melakukan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi pelayanan dukcapil mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum tahu atau paham bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut," terang Wawan Akbar Nugroho.

Lebih lanjut dikatakan, pada bagian kesekretariatan, kegiatan yang dilakukan yaitu seperti membantu dalam hal pengarsipan dokumen dan surat menyurat. Selain itu, ikut berkontribusi dalam melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sekitar serta jajaran dari perwakilan kelurahan ataupun PKK, misalnya seperti “Sosialisasi Penyusunan GAP (Gender Analysis Path) dan GAB (Gender Budget Statement)”. 

Setiap pagi pukul 07.15 WIB seluruh staf maupun karyawan di kantor Kecamatan Banjarsari rutin melaksanakan apel pagi. Jam kerja di kantor Kecamatan Banjarsari yaitu mulai dari hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 12.00, yang kemudian berlanjut pada pukul 16.00 sampai 20.00 WIB kantor Kecamatan Banjarsari ini masih tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat sedangkan mahasiswa magang bertugas hingga pukul 16.00 WIB saja.

"Kegiatan-kegiatan yang telah kami laksanakan tersebut, dapat memberikan kami tambahan wawasan dan pengetahuan khususnya yaitu memberikan sebuah pengalaman yang baik, dimana kami dapat belajar banyak hal seperti agar selalu konsisten, responsif, dan profesionalitas dalam menjalani pekerjaan atau tugas yang diberikan," jelasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top