DKV ISI Surakarta Kenalkan Gerakan Nasional Revolusi Mental 2021 Lewat Aktifitas Seni Kepada Siswa SD

Print Friendly and PDF

Mewarnai gambar yang berisi untuk selalu waspada dan tangguh hadapi pandemi dengan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi prokes. 

DKV ISI Surakarta Kenalkan Gerakan Nasional Revolusi Mental 2021 Lewat Aktifitas Seni Kepada Siswa SD

Solo- majalahlarise.com -Event kolaborasi antara pihak kampus, komunitas, dan sekolah ini dirancang sebagai kegiatan pelaksanaan dari Hibah Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui Partisipasi Masyarakat pada tahun 2021 ini lewat mewarnai gambar yang berisi untuk selalu waspada dan tangguh hadapi pandemi dengan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi prokes. 

Melalui media rekreasi dan edukasi berupa aktifitas menggambar, mendengarkan dongeng, dan terakhir bermain ular tangga, sekitar 60-an siswa SD Negeri Mojosongo VI sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Kampanye Budaya Bersih dan Sehat yang diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta pada Jumat, 5 Nopember 2021 sebagai pelaksanaan hibah KemenkoPMK dan Forum Rektor Indonesia. 

Mewarnai gambar yang bertema seputar prokes ini dapat memberi pesan edukasi kepada siswa untuk selalu patuh dan menjaga kesehatan. Selain itu, disela-sela aktifitas mewarnai, juga diadakan mendongeng oleh Kak Tarwo dari Komunitas Dongeng Istana Nusantara yang membuat tertawa dengan olah vokal dan tubuh yang menyesuaikan alur cerita. 

Baca juga: Program Studi Kesehatan Masyarakat Gelar Kuliah Pakar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Aplikasi Penelitian Kesehatan (Seri-1)

Kegiatan pendukung lainnya yaitu permainan anak berupa ular tangga yang berukuran raksasa yang berisi kontent prokes mengenai pandemi menjadi media edukasi dan rekreasi yang menyenangkan bagi siswa SD Negeri Mojosongo VI, Surakarta yang ikut bermain di halaman sekolah walau tetap melakukannya dengan protokol kesehatan. Setiap langkah yang dimainkan yang berisi tahapan ataupun info seputar Covid-19, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, jaga jarak, dan informasi lainnya yang digambarkan dengan ilustrasi gaya kartun yang dekat dengan karakter anak-anak. 

Dari karya ini akan dipilih sebanyak 10 (sepuluh) karya mewarnai sebagai karya terbaik yang mendapatkan piagam penghargaan dan satu set alat tulis yang terdiri dari buku tulis, pensil, tempat pensil, dan pensil berwarna yang dimasukkan dalam totebag menarik ini juga diselenggarakan kerjasama ini sebagai penerima hibah GNRM tahun 2021 yang melibatkan berbagai komunitas seperti Istana Dongeng Nusantara dan Komunikotavisual. 

Penyerahan penghargaan diberikan oleh dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, guru, dan kepala sekolah yang diakhiri sesi foto bersama. 

Kepala Sekolah, Rimaharti Dyah Astuti, S.Pd menjelaskan bahwa pemberian penghargaan sebagai apresiasi kepada siswa didik dalam mengembangkan bakat khususnya di bidang seni rupa nantinya, serta tetap menjalankan pola hidup prokes baik di sekolah maupun di rumah sesuai semangat Gerakan Nasional Revolusi Mental yang sedang digalakkan ini. 

Selain itu, menurut salah satu panitia mahasiswa Alya Nur Fadila bahwa kegiatan ini sangat baik dalam mengenalkan prokes yang benar keoasa siswa melalui aktifitas seni sehingga anak merasa terbebas. (Sofyan)


Baca juga: Tingkatkan Kreativitas, Siswa SMAN 1 Manyaran Ikuti Lomba Lukis Tong Kursi Taman Sekolah


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top