KKN Univet 2021, Workshop Pembuatan Bouquet Snack

Print Friendly and PDF



KKN Univet 2021, Workshop Pembuatan Bouquet Snack

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN  Univet Bantara Sukoharjo menyelenggarakan workshop pembuatan Bouquet Snack kepada Pemuda Karang Taruna Panji Manunggal Dusun Pelem RT02/ RW14, Desa Purwosari, kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Senin (20/9/2021).

Pelatihan pembuatan Bouquet Snack ini merupakan kegiatan yang digagas oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), Citra Ananda Nur Hermanita dari Fakultas Ekonomi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dalam upaya meningkatkan daya kreativitas dan inovasi yang bekerja sama dengan Pemuda Karang Taruna Panji Manunggal Dusun Pelem.

Banyaknya pemuda yang berada di rumah selama pandemi membuat Citra Ananda berinisiatif mengadakan pelatihan Bouquet Snack dengan tujuan pemberian wawasan mengenai wirausaha mengingat peluang untuk berwirausaha bouquet akhir-akhir ini dapat dikatakan menjanjikan.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar pemuda tetap produktif meskipun berada di rumah, tetap mendapatkan penghasilan dengan keterampilan sederhana namun omset jutaan,” kata Citra.

Menurut Citra, bouquet snack adalah inovasi bingkisan yang memiliki bentuk dan desain kekininan dengan nilai estetika yang lebih tinggi. Bahan-bahan yang mudah ditemukan, harga yang terjangkau, serta cara pembuatan yang mudah menjadi alasan utama kami dalam memberikan pelatihan pembuatan Bouquet Snack ini.

Usaha ini dapat dikatakan menjanjikan bagi pemuda karena berbekal dari snack yang mudah didapatkan dan bisa dibeli dari warung terdekat serta dengan beberapa bahan seperti lem, gunting, dan kertas wrape terciptalah Bouquet Snack yang sangat menarik. Hasil kreasi tersebut kemudian dijual dan dapat dijadikan sebagai uang saku tambahan.

Pangsa pasar dari bouquet snack ini adalah kaum milenial. Oleh karena itu, sangat tepat mahasiswa KKN Univet Bantara ini memberikan pelatihan pembuatan bouquet kepada kami pemuda karang taruna desa manduraga supaya memiliki keterampilan berwirausaha dengan cara yang mudah dan sederhana.

Ia menambahkan, bouquet snack ini banyak dicari oleh kaum milenial seperti untuk merayakan hari spesial seperti ulang tahun, hari jadi dengan pasangan maupun wisuda atau kenaikan jabatan di tempat kerja. 

Pelatihan ini sangat cocok untuk para remaja karena membuat buket snack dapat dikembangkan sebagai usaha kecil-kecilan dan bisa melakukannya sewaktu-waktu di rumah. 

"Respon para warga terhadap progam kegiatan ini sangat baik. Sayangnya, karena adanya pandemi Covid-19, dengan terpaksa kegiatan tersebut hanya dapat dihadiri oleh 3 orang perwakilan dari Dusun Pelem," terang Citra Ananda. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top