KKNT Unisri Sosialisasi dan Edukasi Menerapkan Gemar Menabung Sejak Dini

Print Friendly and PDF

Anak-anak memperlihatkan celengan hasil karyanya untuk tempat menabung.

KKNT Unisri Sosialisasi dan Edukasi Menerapkan Gemar Menabung Sejak Dini 

Karanganyar- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dari kelompok 42, Indah Setyowati,  Program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dengan DPL Andri Astuti Itasari S.Sos, M.I.Kom  mengadakan sosialisasi dan edukasi penerapan gemar menabung sejak dini. bertempatan di Jetis Rt01/Rw05 Desa Tohudan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Minggu (8/8/2021).

Indah Setyowati dalam keterangan tertulis menyampaikan kegiatan yang dilakukan ini guna mengisi waktu di hari Minggu anak-anak membuat celengan dari bahan sederhana. Selain itu menjelaskan mengenai pengertian menabung, tujuan, manfaat, dan cara menabung yang benar.

"Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan untuk kebutuhan masa depan atau kebutuhan mendadak," ujarnya.

Menurut Indah Setyowati, menabung sejak dini merupakan salah satu kegiatan secara tidak langsung mengajarkan menabung menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan dan membentuk karakter pada anak-anak agar mampu melatih untuk tidak boros sehingga gemar untuk menabung guna untuk menyiapkan dana cadangan di kemudian hari.

"Manfaat untuk menerapkan Gemar menabung sejak dini yaitu melatih pada anak-anak untuk membiasakan diri menabung menghargai uang yang dimiliki, mengajari anak menghargai uang serta melatih kemandirian. Karena pada kenyataannya, menabung tidak selalu menjadi kebiasaan yang mudah untuk setiap orang walaupun sudah mengetahui banyak manfaatnya untuk masa depan. Menabung menjadi kegiatan yang sulit jika tidak mulai membiasakan cara menabung yang benar," ungkapnya.

Dijelaskan pula, tujuan dari sosialisasi menerapkan gemar menabung sejak dini yaitu mengajak anak-anak untuk bisa memanfaatkan uang jajan agar tidak dihabiskan untuk jajan saja tetapi supaya menyisihkan untuk ditabung.

"Cara saya agar anak-anak semangat untuk menabung yaitu desain celengan target 1 juta yang diterapkan 2ribu/hari. dimana jika selama 500 hari anak-anak berhasil mencapai target tersebut. Obyek dan sasaran sosialisasi pada anak-anak karena sesuai dengan tujuan yaitu sosialisasi menerapkan gemar menabung sejak dini," katanya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top