KKN-T Kelompok 2 UNISRI Survey Ekowisata "TUR NDEK” di Desa Pancot

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN saat survey Ekowisata Tur Ndek.

KKN-T Kelompok 2 UNISRI Survey Ekowisata "TUR NDEK” di Desa Pancot 

Karanganyar- majalahlarise.com -Desa Pancot, Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, memiliki berbagai keindahan alam yang eksotis. Ada beberapa ekowisata yang ada di desa Pancot, salah satunya adalah air terjun yang sangat indah (grojogan) yang belum banyak diketahui  oleh masyarakat luas, yang biasa disebut oleh warga setempat,  tur ndek.

Mahasiswa KKN-T Universitas Slamet Riyadi Surakarta kelompok 2 melakukan kunjungan sekaligus survey di ekowisata tur ndek pada hari Kamis, tanggal 5 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB. Di dampingi oleh pemangku desa pancot, yaitu bapak Sugeng selaku ketua karangtaruna, Bapak Jumali selaku wakil ketua karang taruna, dan Bapak Suntoro selaku anggota karang taruna di desa Pancot. 

Survey itu dilakukan guna untuk mengetahui bagaimana kondisi alam ekowisata tur ndek yang sebenarnya. Ekowisata tur ndek sangat indah. Aliran airnya jernih dan bersih. Mahasiswa KKN-T Unisri sangat menikmati keindahan air terjun tur ndek. Stefani Erlina mahasiswa jurusan Manajemen dan Kelvin Yoga Pratama mahasiswa jurusan Ilmu Hukum, bersama pemuda desa Pancot lainnya berenang menikmati kesegaran air terjun tur ndek.

Sayangnya ekowisata ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Akses jalan untuk menuju lokasi sulit untuk dilalui dikarenakan jalan setapak dan sangat curam. Di sekeliling jalan di penuhi oleh bukit-bukit dan perkebunan warga. Oleh karena itu, warga desa Pancot berencana untuk mengembangkan ekowisata tersebut agar menjadi objek wisata yang dikenal banyak orang. 

Rencananya akses jalan menuju tur ndek tersebut akan diperlebar dan diberi petunjuk arah. Oleh karena itu, mahasiswa dari KKN-T UNISRI akan merancang konsep untuk mengembangkan ekowisata tersebut yang nantinya akan disosialisasikan kepada warga setempat agar dikembangakan secara bersama. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKNT Unisri Beri Bimbingan Belajar Anak di Masa Pandemi




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top