Tim Kurator Siapkan Rancangan Galeri Virtual Interaktif 360⁰ Pameran Retrospeksi 70 Th Eyang Dharso

Print Friendly and PDF

Penjelasan Rancangan Galeri Virtual Interaktif 360⁰ Pameran Retrospeksi 70 Th Eyang Dharso disiapkan oleh tim kurator.

Tim Kurator Siapkan Rancangan Galeri Virtual Interaktif 360⁰ Pameran Retrospeksi 70 Th Eyang Dharso

Solo- majalahlarise.com -Pameran ini diselenggarakan atas kerjasama FSRD ISI Surakarta  dengan Rumah Budaya Konservasi Budaya Nusantara ini akan dilaksanakan secara virtual dalam rangka memperingati hari ulang tahun Prof. Dr. Dharsono, M.Sn ini yang terdiri dari peserta dari dalam dan luar negeri. 

Dengan dipimpin tim kurator, yaitu Satriana Didiek Isnanta, S,Sn., M.Sn dan Sigit Purnomo Adi, S,Sn., M.Sn dilaksanakan lewat aplikasi daring zoom. Sabtu, (24/7/2021), dimana rancangan display pameran melalui teknologi multiplatform (3D animation, 360⁰ video, dan Virtual Reality) yang dirancang oleh Koko Is Prayogo, S.Sn dari IDE Center yang juga alumni dari Prodi FTV FSRD ISI Surakarta. 

Teknologi multiplatform (3D animation, 360⁰ video, dan Virtual Reality) ini masih jarang digunakan di Indonesia dan juga sebagai hasil eksperimen antara dosen, mahasiswa, dan alumni FSRD ISI Surakarta, dan diharapkan menjadi model untuk penataan display dan sistem virtualisasi untuk galeri di Indonesia. 


Baca juga: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet Bantara Selenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis MBKM

Rancangan display pameran disusun dari berbagai aspek, seperti ukuran karya, luasan display, jarak pandang, dan aspek lainnya akan memajang sekitar 50an karya seni rupa dua dimensi. 

Menurut Amir Gozali, S,Sn., M.Sn selaku ketua penyelenggara pameran, menjelaskan bahwa pameran yang bertajuk Pameran Retrospeksi 70 Th Eyang Dharso "Estetika Sanggit" ini akan berlangsung pada 1 Agustus - 1 Desember 2021 ini sebagai wujud penghormatan dan apresiasi kepada Prof. Dr. Dharsono, M.Sn sebagai guru besar seni rupa yang pertama di civitas akademik FSRD ISI Surakarta, selain juga acara peringatan hari lahir  ke 70 tahun. 

Selain itu, Amir Gozali juga memaparkan sebagai respon atas kondisi pandemi maka pameran yang mengambil tema "Perjumpaan Tradisi  dan Modern dalam Paradigma Kekaryaan Seni" ini dirancang secara daring dan akan tayang di Galeri Virtual 3D 360⁰ FSRD ISI Surakarta dengan link  https://galeri.isi-ska.ac.id dimana Galeri Virtual tersebut merupakan representasi dari Galeri ISI Surakarta yang berada di kampus. (Sofyan)


Baca juga: Univet Bantara Adakan Sosialisasi Integrasi LMS dan Pengisian Kuesioner Spada Indonesia



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top