EKSISTENSI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 KRADENAN

Print Friendly and PDF

EKSISTENSI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI SMA N 1 KRADENAN

Oleh : Dhenis Sawega, S.Pd

Guru SMA Negeri 1 Kradenan, Grobogan Jawa Tengah

Dhenis Sawega, S.Pd


      Kemunculan virus Covid-19 di Indonesia berasal dari warga negara Jepang yang terinfeksi. Seperti yang diberitakan merdeka.com tanggal 2 April 2020 bahwa Presiden Joko Widodo mengatakan, kasus virus corona di Indonesia terungkap usai ada laporan warga negara Jepang yang dinyatakan Positif. Masalahnya, warga negara Jepang ini baru saja berkunjung ke Indonesia. Pemerintah kemudian langsung menelusuri siapa saja yang melakukan kontak dengan pasien tersebut. 

       Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional. Dikutip dari laman bnpb.go.id menyatakan penetapan itu melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional.

       Demikian juga penyembaran Covid-19 tidak hanya di Indonesia tetapi kian meluas di berbagai negara yang menimbulkan ketakutan terhadap kesehatan, perekonomian, maupun di sektor kehidupan. Tidak terkecuali di Indonesia terdampak pada sektor pendidikan terutama pada proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka harus beralih menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Pembelajaran daring ini dengan memanfaatkan teknologi sebagai media daring yang masih asing dikarenakan penguasaan teknologi masih rendah. Kesulitan ini dialami guru dan siswa tidak semua terbiasa menggunakan teknologi.

       Pandemi Covid-19 juga mempengaruhi sektor kehidupan yang merubah perilaku dengan diterapkan protokol kesehatan. Tidak terkecuali penerapan protokol saat pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah dengan mengoptimalisasi peran UKS. Protokol kesehatan yang diterapkan yaitu mewajibkan penggunaan masker yang baik dan benar, berperilaku hidup bersih dan sehat, sekolah menyiapkan fasilitas cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak antara anak satu dengan anak lainya dan orang lain minimal satu setengah meter, sekolah harus menerapkan etika batuk dan bersin.

       Pandemi Covid-19 ini jika dihubungkan dengan nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Kradenan sangatlah erat. Seperti yang dikemukakan (Syaifudin Hafid, 2020) bahwa Pencasila merupakan asas negara yang harus dijunjung tinggi, oleh karena itu berbagai bentuk kebijakan pemerintah tidak keluar dari bingkai Pancasila. Termasuk dalam penanganan Covid-19 di Indonesia dalam mengatasi Corona. Sila kedua dari Pancasila merupakan salah satu solusi terbaik dalam mengatasi Corona. 

       Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dari sila kedua Pancasila ini diantaranya 1) Memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan. Salah satunya tidak menimbun dan menjual belikan masker atau alat kesehatan lainnya dengan harga mahal karena barang itu santa diperlukan oleh manusia. 2) Saling mencintai sesama manusia yang diwujudkan dalam gerakan donasi sekolah oleh siswa dan guru SMA Negeri 1 Kradenan saling membantu kepada masyarakat yang terkena dampak  Covid-19 dengan memberikan dana dan peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. 3) Saling tenggang rasa dan tepa selira. Hal yang bisa dilakukan dengan menjaga perasaan bagi orang yang sedang kesusahan akibat pandemi Covid-19. 4) Tidak semena-mena terhadap orang lain yang diwujudkan tidak mengedapankan egois dan merasa paling hebat terhadap orag lain dan tidak boleh bersikap semaunya. Jika bersikap semaunya acuh tak acuk terhadap protokol kesehatan akan mengancam kesehatan diri sendiri maupun orang lain yang ad di sekitarnya. 

       Penerapan nilai-nilai Pancasila dari sila kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab saat pandemi Covid-19 mampu memperlakukan sesama manusia yang memiliki persamaan kedudukan dan derajat haruslah dipertahankan dengan kehidupan yang layak. Selain itu, jangan sampai adanya pandemi Covid-19 ini jiwa kemanusiaan yang dimiliki memudar dengan berbuat semena-mena kepada saudara sebangsa yang tengah dilanda pandemi Covid-19. Dengan tetap berpegang ada nilai-nilai Pancasila, pandemi Covid-19 segera hilang dari Indonesia dan kita menjalani kehidupan dengan rasa aman dan nyaman. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top