QUIZIZZ SEBAGAI SOLUSI DITENGAH PANDEMI

Print Friendly and PDF

QUIZIZZ SEBAGAI SOLUSI DITENGAH PANDEMI 

Oleh: Etikawati, S.Pd., M.M.

Guru SMK Tamtama Karanganyar, Kebumen Jawa Tengah

Etikawati, S.Pd., M.M.


       Pembelajaran merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan di sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan perubahan tingkah laku. Kegiatan belajar ini memerlukan keaktifan belajar, partisipasi dan komunikasi interatif antara guru dan peserta didik, sehingga kegiatan pembelajaran perlu dirancang sedemikian rupa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Semenjak pandemik Covid -19 pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring di setiap satuan pendidikan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 tersebut. Oleh karena itu, guru dituntut untuk kreatif dalam mencari media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi peserta didik agar pembelajaran tetap menyengkan meskipun dilaksanakan seacara daring.

       Penggunaan smartphone yang sudah tidak asing lagi dikalangan peserta didik dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sarana atau media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 ini. Banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat diakses melalui smartphone siswa, salah satunya adalah Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi permainan edukasi yang fleksibel dan menyenangkan. Selain untuk menyampaikan materi, Quizizz ini juga dapat dijadikan media evaluasi melalui games yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik.

       Quizizz merupakan aplikasi permainan edukasi berbasis teknologi dan informasi ini memudahkan guru untuk melalkukan kegiatan pembelajaran daring yang menyenangkan. Selain dimanfaatkan untuk menyampaikan materi, quizizz ini juga dapat digunakan sebagai media evaluasi sehingga dapat menggambarkan sejauh mana pemahaman peserta didik dalam belajar. Quizizz ini menyediakan berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan tugas kepada siswa dan juga kuis yang dapat dikerjakan oleh siswa dengan tampilan yang kreatif dan menyenangkan. Harapannya dapat menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

       Kelebihan quizizz bagi peserta didik adalah peserta didik dapat melihat rangking skor nilai pada saat mengerjakan kuis sehingaa peserta didik termotivasi untuk dapat memenangkan kompetisi. Kelebihan bagi guru adalah quizizz ini dapat membuat penilaian otomatis sehingga guru tidak perlu melakukan koreksi. Quizizz juga dapat melakukan analisis nilai yang dapat di download melalui excel. Berbagai kemudahaan yang ditawarkan dalam penggunaan quizizz ini tidak ada alasan bagi guru untuk tidak menggunakannya sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top