3 Tim PKM Univet Bantara Sukoharjo Berhasil Lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020

Print Friendly and PDF

Tim PKM ecoprint.

3 Tim PKM Univet Bantara Sukoharjo Berhasil Lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo berhasil meloloskan 3 tim PKM ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020 dari 8 tim yang lolos pendanaan PKM Kemendikbud bulan Agustus lalu.  PIMNAS merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh Kemendikbud, dimana dalam ajang ini akan bertanding mahasiswa dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

 Tim PKM Lilin Jelantah

Tim PKM Univet Bantara yang lolos ke PIMNAS terdiri dari dua tim PKM-M dan 1 tim PKM-GT. Adapun tim PKM-M yang lolos PIMNAS berjudul Pelatihan Pembuatan Lilin Jelantah untuk Anak-anak Desa Siwal sebagai Upaya Pemanfaatan Minyak Bekas Menjadi Barang Bernilai Ekonomis, di ketua oleh Nuri Suryani dengan dosen pembimbing Singgih Subiyantoro, M.Pd. Tim PKM-M lainnya yang di ketuai oleh Bella Cyntya Maharani dengan dosen pembimbing Henny Sri Kusumawati, M.I.Kom lolos PIMNAS dengan judul Pemberdayaan Masyarakat melalui Natural Ingredient berupa Ecoprint Guna Meningkatkan Perekonomian di Dusun Tukluk_Wonogiri. Sedangkan PKM-GT berjudul Sistem Sekuestrasi Geologis Karbon Dioksida Limbah Pabrik yang di ketuai oleh Amellia Ayu Safira dengan pembimbing Aunir Komariah, S.T., M.Sc menjadi satu-satunya PKM dari  PKM bidang KT yang lolos dari tim PKM Univet Bantara ke PIMNAS 2020.

Ketua tim satgas PKM Univet Bantara. Afriyanti, S.TP., M.Sc mengatakan lolosnya tiga tim PKM Univet Bantara ke PIMNAS, merupakan hasil kerja keras tim setelah melewati serangkaian seleksi selama beberapa bulan, mulai dari pengajuan proposal, pendanaan, serta monev. Tahun ini, pelaksanaan PKM-M memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini PKM-M dilakukan secara daring, karena tidak dapat dilakukan langsung bertemu dengan mitra. Hal ini tentu saja menuntut tim PKM untuk lebih kreatif membuat tampilan video pelatihan kegiatan yang mudah dipelajari dan diaplikasikan oleh mitra.  Selain itu, tim harus mengikuti kegiatan monev internal dan eksternal.  Sebelum ke tahap monev esternal, tim Satgas PKM Univet Bantara Sukoharjo melaksanakan monev secara internal sebagai persiapan dalam menghadapi monev eksternal.  Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kemajuan peserta dalam pelaksanaan kegiatan PKM.  Tahap akhir yaitu monev eksternal yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 7 Oktober 2020. 


Baca juga: Botol Pintar Art & Design Sarana Berkreasi dan Kembangkan Seni Lukis dan Grafis

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami setelah beberapa tahun terakhir hanya berhasil mengirimkan satu perwakilan tim PKM ke PIMNAS,” ungkapnya. 

Menurut tim satgas PKM Univet Bantara, setelah keluarnya pengumuman ini, mereka akan segera menghubungi ketiga tim PKM yang lolos untuk dapat menyiapkan kelompoknya agar dapat bertanding secara maksimal di ajang PIMNAS nantinya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Univet Bantara Sukoharjo Dr. Sodikin, S.T., M.T, menyampaikan ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Univet Bantara bisa mengirimkan tiga tim PKM sekaligus diajang PIMNAS.

"Semoga hal ini dapat menjadi pemicu dan motivasi bagi mahasiswa kami agar semakin banyak tim PKM yang berhasil melaju ke tingkat nasional,” tambahnya. (Sofyan)


Baca juga: Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Wonogiri  Laksanakan Program Dermawan Peduli Literasi Pemasangan Spot Wi-fi Terpadu dan Rintisan Taman Bacaan Masyarakat



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top