KKN Unisri Lakukan Pendampingan Pemasaran Online Home Industri Sempol di Madiun

Print Friendly and PDF


Iga Aulia Lulu Kusuma memberikan pedampingan pemasaran online.

KKN Unisri Lakukan Pendampingan Pemasaran Online Home Industri Sempol di Madiun

Madiun- majalahlarise.com -Pandemi covid-19 berdampak pada usaha home industri. Omzet usaha menurun tajam, keuntungan berkurang,  bahkan tidak sedikit yang merugi dan gulung tikar. Hal itu juga dialami oleh home industri sempol
di Desa Bakur, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun.

Melihat kondisi yang demikian
mahasiswi Fakultas Ekonomi Unisri, Iga Aulia Lulu Kusuma yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ulupi Sitoresmi, SS, M.Hum melaksanakan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha home industri sempol.

"Sempol adalah jajanan yang terbuat dari tepung pati dicampur daging ayam, kemudian disunduk menyerupai paha ayam lalu digoreng menggunakan telur dan disajikan bersama sambal," paparnya. Kamis (30/7/2020).

Lebih lanjut, Iga Aulia Lulu Kusuma, menjelaskan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan yaitu memberikan wawasan agar pemasaran sempol tidak monoton.

Tampilan IG yang dibuat untuk pemasaran online sempol.

"Dalam kondisi pandemi seperti saat ini pelaku usaha tidak cukup memasarkan secara offline, tetapi juga harus memasarkan secara online dan pembeli bisa membayar Cash On Delivery (COD) di tempat," jelasnya.

Pemilik home industri sempol Ibu Umi dengan senang hati menerima masukkan ditindaklanjuti dengan pendampingan pembuatan akun sosial media instagram sebagai media pemasaran online.

Kegiatan pendampingan yang lain adalah pelatihan membuat packing (kemasan) produk sempol  yang menarik yang berbeda dengan produk sempol yang lain, serta ramah lingkungan. 

"Selain itu kami juga memberikan masukkan untuk menciptakan perbedaan rasa dalam sambal yang khas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi," tandasnya.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan home industri sempol merupakan program utama  yang akan dilaksanakan secara individu, sampai akhir Agustus 2020. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top