15 PKM Lolos, UMS Jadi PTS Terbanyak Terima Dana Hibah Kemendikbud

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMS, Taufik Kasturi.

15 PKM Lolos, UMS Jadi PTS Terbanyak Terima Dana Hibah Kemendikbud

Sukoharjo- majalahlarise.com -Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi universitas peraih dana hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terbanyak tahun ini, dalam Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

"Ada 15 tim mahasiswa UMS yang lolos dalam PKM-KT," kata Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMS, Taufik Kasturi, Senin (27/7/2020).

Dikatakan Taufik, dengan lolosnya 15 PKM-KT tersebut membuktikan bahwa karya mahasiswa UMS sangat mumpuni di tingkat nasional dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta nasional yang lain. Hingga UMS menyandang predikat sebagai perguruan tinggi swasta di Indonesia yang paling banyak yang menerima hibah dari Kemendikbud.
Selain UMS penerima hibah lain seperti UGM, IPB, UNESA, UMS, UNIBRAW, UPI, UNHAS, UNM, UI, UNSOED.

Koordinator tim pusat PKM UMS, Ir. Ahmad Kholid Alghofari menjelaskan, PKM Karya Tulis merupakan salah satu skema Program Kreativitas Mahasiswa dari Kemendikbud yang terdiri dari 3 jenis, yaitu PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT),dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK).

"Awalnya ada 402 judul proposal yang masuk ke universitas, selanjutnya diseleksi dan hanya terpilih 161 proposal yang lolos seleksi universitas, 15 diantaranya lolos. Semoga ke 15 tim tersebut bisa mendulang emas di Pimnas mendatang,” katanya.  

Salah satu proposal penelitian yang lolos adalah Patnia Nur Saputri dengan judul Analisa Tingkat Risiko Ergonomi Pada Bagian Stationary Menggunakan Metode REBA dan OWAS (PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk). (Dea/ Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top