Bupati Wonogiri Hadiri Peringatan Hari Kesehatan ke-55 di Kecamatan Eromoko

Print Friendly and PDF

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo bersama masyarakat kecamatan Eromoko memperingati hari kesehatan ke-55 di Hutan Pinus Pasekan, Eromoko. 

Bupati Wonogiri Hadiri Peringatan Hari Kesehatan ke-55 di Kecamatan Eromoko

Wonogiri-Peringatan Hari Kesehatan ke-55 tahun di kecamatan Eromoko dihadiri Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Forkompincam, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan warga setempat. Bertempat di Hutan Wisata Pinus Pasekan, Eromoko,  Jum'at (15/11/2019).

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menyampaikan sesuai tema peringatan hari kesehatan tahun ini yakni mewujudkan generasi sehat dan generasi unggul di Indonesia emas tahun 2045 perlu adanya persiapan sejak sekarang.

"Saat ini pemerintah hadir dengan kewenangannya melahirkan program-program dalam rangka mewujudkan generasi sehat untuk mewujudkan Indonesia unggul," ungkapnya.
Warga masyarakat dan siswa taman kanak-kanak saat memeriahkan peringatan hari kesehatan ke-55 di kecamatan Eromoko. 

Program yang dipersiapkan, menurut Bupati Joko Sutopo yakni upaya preventif sosialisasi memberikan pemahaman kepada warga masyarakat pentingnya kesehatan terutama stunting, gizi buruk anak agar tumbuh kembang anak normal, sehat ke depan menjadi generasi unggul.

"Mewujudkan layanan kesehatan di wilayah butuh kerjasama yang baik antara pemerintah dan pemangku kepentingan termasuk melalui tokoh masyarakatnya," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan kedepan dana desa akan mengalokasikan anggaran 100 juta per desa untuk pemberdayaan perempuan dan ibu-ibu agar posyandu, PKK berjalan, penyuluhan penyakit secara rutin dan pencegahan budaya nikah dibawah umur saat ini cukup banyak. Diusia 15 tahun sudah dinikahkan karena minimnya pemahaman.

"Kalau program ini berjalan, Bupati Wonogiri berkeyakinan Wonogiri akan terbebas dari kemiskinan, akan punya kesetaraan dengan kabupaten lain dan kita akan bangga dengan warga masyarakat Wonogiri. Yakinlah kami pemerintah akan selalu bersinergi hadir melalui kebijakan-kebijakan skala prioritas mewujudkan Wonogiri selalu sukses.

Adi Darma Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri menuturkan peringatan hari kesehatan ini juga diselenggarakan di kecamatan lain. Sehingga insan kesehatan bersatu dengan masyarakat dalam rangka menggelorakan masyarakat hidup sehat dan perilaku hidup bersih. Dalam mendukung terwujudnya generasi unggul dan sehat untuk Indonesia lebih maju lagi.

"Kegiatan yang lain, olahraga bersama, bakti sosial pemberian air bersih. Selain itu pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan kartu BPJS untuk masyarakat Wonogiri sejalan dengan program Bupati Wonogiri yakni sehat wargane," ujarnya.

Camat Eromoko, Danang Erawanto mengucapkan selamat datang kepada Bupati Wonogiri beserta jajarannya hadir di Hutan Pinus yang sekarang dikelola oleh pemuda desa Pasekan dan masyarakat sebagai hutan wisata kerjasama dengan Dinas Perhutani.

"Ada anak-anak SMK yang bermalam kemah di hutan ini mereka sehat-sehat. Hutan wisata pinus ini sebagai tempat wisata hasil karya pemuda desa Pasekan dan nantinya akan dikembangkan di desa lainnya," ungapnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top