Kuliah Pakar Kewirausahaan FISIP Univet Bantara Sukoharjo, Rubah Mindset Mahasiswa Jadi Wirausaha

Print Friendly and PDF

Pembicara kuliah pakar, ketua Dewan Pimpinan Daerah Jawa Tengah Wirausaha Muda Nusantara, Slamet Muridan saat foto bersama dengan mahasiswa FISIP. 

Kuliah Pakar Kewirausahaan FISIP Univet Bantara Sukoharjo, Rubah Mindset Mahasiswa Jadi Wirausaha

Sukoharjo-majalahlarise.com-Mahasiswa semester I prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univet Bantara Sukoharjo diberi bekal ilmu kewirausahaan melalui kuliah pakar dengan menghadirkan pembicara dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jawa Tengah Wirausaha Muda Nusantara, Slamet Muridan, Selasa (8/10/2019). Bertempat di Gedung FISIP lantai 2 kampus setempat.

Dekan FISIP Univet, Drs. Joko Suryono, M.Si dalam pembukaan kegiatan menyampaikan dalam perkuliahan di FISIP Univet selalu mengadirkan praktisi di kuliah pakar disesuaikan disiplin ilmu yang diajarkan untuk menambah ilmu pengetahuan, ketrampilan dan keahlian mahasiswa.

"Kegiatan ini dipilih semester satu untuk memberikan dasar tentang kewirausahaan sesuai dengan visi dan misi FISIP bahwa mahasiswa setelah lulus tidak hanya menjadi profesional dibidang komunikasi tetapi harapannya bisa menjadi wirausaha media atau pengusaha media," jelasnya.

Dikatakannya, seperti saat ini dengan hadirnya internet siapapun bisa menjadi wirausaha media melalui web, blog, media sosial yang mampu mengasilkan keuntungan finansial.

Dalam pemaparan materi, Slamet Muridan berbagi pengalaman mengenai membangun usaha dari awal serta motivasi  dan merubah pola pikir mahasiswa tidak hanya kuliah saja lulus jadi karyawan tetapi menjadi mahasiswa yang bisa berwirausaha.

"Lewat pemutaran video judul PNS vs wirausaha/pedagang memberi contoh dan gambaran untuk merubah pola pikir mahasiswa bahwa lulus tidak harus jadi pegawai tetapi muncul jiwa wirausaha dalam diri yang akhirnya memiliki usaha sendiri bisa mencukupi finansial kebutuhan keluarga," paparnya.

Lebih lanjut, dikatakan selain merubah pola pikir atau mindset yang dibutuhkan dalam membangun usaha adalah selalu belajar dari para ahlinya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan maupun bergaul dengan lingkungan dan teman yang memiliki jiwa wirausaha.

"Syarat multak yang harus dimiliki seorang pebisnis yakni memperbaiki pola pikir menjadi positif, memiliki etika atau sopan santun, menguasai ketrampilan atau bidang usaha, selalu menambah pengetahuan dengan belajar, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk mengawali sebuah usaha atau bisnis lakukan saja tanpa harus memikirkan untung dan rugi terlebih dulu tetapi selalu berpikir positif dijadikan pembelajaran disetiap langkah yang ditempuh. Sebab berbisnis itu merupakan pengalaman diri untuk tidak menyerah ketika mengalami storming atau penurunan namun tetap bangkit untuk menuju posisi norming atau memperoleh keuntungan.

"Ketika posisi storming harus banyak belajar memperbaiki diri dan selalu mencoba hal yang baru. Setelah mencapai posisi norming, usaha terus dikembangkan. Akhirnya mencapai titik performing atau kebosanan karena semua telah dicapai," ujarnya.

Pihaknya berpesan, jika sudah sampai di titik performing atau omset mengalir jangan cepat puas tapi harus kembali lagi ke titik awal usaha dengan berinovasi atau membuka usaha yang lainnya agar tidak tertinggal karena perubahan yang terjadi. (Sofyan)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top