50 Anggota DPRD Kabupaten Magelang Belajar ke Unisri

Print Friendly and PDF

Rektor Unisri Surakarta Prof. Dr. Sutardi saat menyerahkan cinderamata.


50 Anggota DPRD Kabupaten Magelang Belajar ke Unisri

Solo- majalahlarise.com -Seluruh anggota DPRD Kabupaten Magelang yang berjumlah 50 orang belajar ke Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Selama empat hari, 29 Maret - 1 April 2021, mereka mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi tersebut di Hotel Solo Paragon.

Bimtek bertema "Fungsi dan Tugas Strategis DPRD Kabupaten Magelang Dalam Analisis Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Magelang" yang dibuka Rektor Prof Dr Sutardi tersebut menghadirkan sejumlah narasumber. Antara lain staf ahli Kemendagri Sugeng Hariyono serta Dr. Waluyo dari uns, Dr. Purbayakti Kusuma Wijaya, Dr. Sugiaryo, dan Dr. Wibowo Mukti yang ketiganya dari Unisri.


Baca juga: Pendaftaran Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Sukoharjo Resmi Dibuka

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Soeharno mengatakan, bimtek kerja sama itu merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi bidang pendidikan dan teknologi. Pihaknya berterima kasih pada Unisri yang menghadirkan narasumber kapable untuk sharing knowledge guna menambah ilmu pengetahuan bagi anggota DPRD Kabupaten Magelang.

Lebih lanjut Soeharno berharap, kerja sama itu tidak berhenti sampai pada bimtek ini saja tapi komunikasi kedua belah antara Unisri dan DPRD Kabupaten Magelang terus berlanjut.

"Ini terkait dengan kelengkapan DPRD yang masih butuh mitra untuk kerja sama. Terutama dalam penyusunan peraturan daerah maupun penyusunan APBD," tandasnya.

Rektor Prof. Dr. Sutardi mengatakan, kerja sama antara Unisri Surakarta dan DPRD Kabupaten Magelang merupakan kolaborasi nyata untuk mewujudkan peran dan tanggung jawab masing-masing yang saling membutuhkan dan bersinergi. Sutardi memahami bahwa DPRD Kabupaten Magelang punya tugas dan tanggung jawab dalam merealisasikan aspirasi masyarakat melalui tata kelola yang baik, akuntabel, dan transparan.


Baca juga: Launching Spot Wifi Terpadu dan Taman Bacaan Masyarakat Wong nDeso Dusun Lemah Mendak Kepuhsari

Sedangkan Unisri sebagai akademisi punya tugas dan tanggung jawab untuk berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya penyelenggaran pemerintahan dalam konteks peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia. 

"Karena itu sangat tepat bila kita, Unisri Surakarta dan DPRD Kabupaten berkolaborasi bersinergi menggelar workshop dan saling bertukar pengalaman," katanya ketika membuka bimtek.

Salah satu materi penting dalam bimtek adalah laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) penyelenggaraan pemerintahan daerah. Di sini kemampuan anggota DPRD dalam menganalisis LKPJ untuk selanjutnya memberi rekomendasi pada Bupati atau Pemkab untuk dilaksanakan sangatlah penting.

"Nah, di sini LPPM Unisri yang selama ini punya pengalaman langsung dalam mendampingi penyusunan LKPJ pemerintah daerah sangat bermanfaat bagi DPRD Kabupaten Magelang dalam bimbingan teknis ini," kata Rektor. (Sofyan)


Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Lahirkan Media and Communication Empowerment Journal


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top