Launching Spot Wifi Terpadu dan Taman Bacaan Masyarakat Wong nDeso Dusun Lemah Mendak Kepuhsari

Print Friendly and PDF

 

Penyerahan potongan tumpeng dari Camat Manyaran, Purwadi kepada Kepala desa Kepuhsari, Sularjo menandai launcing spot wifi terpadu dan taman bacaan masyarakat.


Launching Spot Wifi Terpadu dan Taman Bacaan Masyarakat Wong nDeso Dusun Lemah Mendak Kepuhsari

Wonogiri- majalahlarise.com - Spot Wi-Fi terpadu dan rintisan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Wong nDeso, Dusun Lemah Mendak Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran diprakarsai Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Wonogiri resmi di-launcing. Acara peresmian ini dihadiri Camat Manyaran Purwadi, Kapolsek Manyaran serta Danramil Manyaran. Kamis (1/4/2021).

Dalam sambutan, Kepala Desa Kepuhsari Sularjo menyampaikan latar belakang pemberian nama Wong nDeso adalah adanya kesemangatan Wong nDeso yang mau belajar dan mau pintar. Karena orang-orang besar dan  pintar di kota adalah berasal dari nDeso.

Camat Manyaran, Purwadi mengatakan Pemerintah Kecamatan Manyaran sangat mendukung baik adanya spot Wi-fi terpadu dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Wong nDeso ini. Pihaknya berharap melalui rintisan TBM ini dimaksimalkan keberadaannya sebagai ajang meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat Dusun Lemah Mendak pada khususnya.


Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Lahirkan Media and Communication Empowerment Journal

"Warga Lemah Mendak hendaknya dapat menjadi percontohan bagi dusun sekitarnya. Suka mencari tahu ilmu baru baik melalui internet maupun buku bacaan," terangnya.

Di tempat yang sama, ketua program Dermawan Peduli Literasi, Wirattama menjelaskan bantuan yang diberikan oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) melalui program Dermawan Peduli Literasi (DPL) ini hanya bersifat stimulan. Sedangkan keberlanjutan dan kebermanfaatannya tergantung keaktifan dan kepedulian masyarakat.
Pemahaman 6 Literasi dasar nantinya perlahan namun pasti akan dipelajari di TBM rintisan ini, penajaman terhadap literasi digital merupakan pemaksimalan adanya spot Wi-Fi.

"Mudah untuk mendirikan namun butuh kesadaran untuk mempertahankan," katanya.

Wirattama yang juga sebagai penanggung jawab bidang pelatihan dan pengembangan TBM akan selalu siap untuk berbagi pengalaman dalam membuat kegiatan-kegiatan di TBM sehingga kebermanfaatan TBM bagi masyarakat kian terasa.


Baca juga: Roti Gembong Gedhe Ekspansi Pasar Jawa Barat dan Ibu Kota

"Banyak harapan dan keinginan yang akan di wujudkan melalui TBM ini, tak hanya ada peningkatan kecerdasan dan kreatifitas masyarakat guna peningkatan taraf hidup, namun dalam skala pembangunan desa yang dituntut adanya penerapan digitalisasi akan terdongkrak dengan adanya Spot Wi-Fi terpadu serta TBM Wong nDeso. Sejalan dengan kebijakan kementerian Desa yang ingin mewujudkan Desa Digital. Dari TBM inilah adanya cikal dan benih untuk mewujudkan Desa digital," harapnya.

Sekretaris FTBM Kabupaten Wonogiri, Dwi Suswatiningsih dalam sambutan mewakili Ketua FTBM menuturkan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Wonogiri siap mendampingi dalam pengembangan terkusus literasi digital pemerintah Desa serta masyarakat.

"Kesemangatan harus tetap dijaga kebersamaan harus tetap dipupuk, meski tak berdana namun TBM harus tetap berdaya," ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Resimen Mahasiswa 925 Cakra Buana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Gelar Lomba Baris Berbaris


1 komentar:


Top