Memupuk Keimanan dan Ketaqwaan, SMPN 1 Manyaran Gelar Pesantren Ramadhan dan Berbagi Takjil

Print Friendly and PDF

Siswa SMPN 1 Manyaran saat mengikuti pesantren Ramadhan.


Memupuk Keimanan dan Ketaqwaan, SMPN 1 Manyaran Gelar Pesantren Ramadhan dan Berbagi Takjil


Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 1 Manyaran mengadakan Pesantren Ramadhan 1445 H mulai tanggal 1 sampai 6 April 2024 di sekolah. Kegiatan bertujuan memupuk keimanan dan ketaqwaan agar siswa memiliki akhlaqul karimah. Kegiatan diisi tadarus Al-Quran, pengetahuan agama, berbagi takjil, kisah inspiratif para Rasul, lomba kaligrafi, lomba Khitobah, pengumpulan dan pembagian zakat.

Kepala SMPN 1 Manyaran, Agus Sumarno, S.Pd, M.Pd pada pembukaan pesantren Ramadhan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian program kerja sekolah dalam visi mewujudkan siswa yang santun dan berakhlak mulia. 

Dikatakan, sesuai ajaran agama Islam, menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim pria dan wanita.

Zusroni SAg, Waka Kesiswaan, sekaligus guru PAI saat menyampaikan sambutan.


Baca juga: TUKAR SIBUSI Pembentukan Karakter melalui Pembiasaan Budaya Positif SMP Negeri 2 Giriwoyo

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tholabul ilmi faridhotun ala kulli muslimin wal muslimat.” Untuk kita seorang muslim dan muslimah, Islam mengajarkan kita untuk senantiasa menuntut ilmu, untuk senantiasa belajar.

Agus Sumarno mengutip pepatah Arab yang mengatakan "Man Jadda Wajada." Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil.

"Apa gunanya masa muda kalau tidak untuk membela cita-cita dan membahagiakan orang tua," jelas Agus Sumarno di hadapan 592 siswa peserta pesantren Ramadhan.

BERBAGI TAKJIL

OSIS SMPN 1 Manyaran saat foto bersama sebelum membagikan takjil.

Sebelumnya, OSIS SMPN 1 Manyaran Kabupaten Wonogiri membagikan 500 bungkus takjil untuk berbuka puasa. Sebanyak 200 bungkus takjil dibagikan kepada pengguna jalan di depan sekolah dan 300 bungkus takjil dibagikan di depan Kantor Kecamatan Manyaran. Kamis, 28 Maret 2024 pukul 16.00 - 17.00.

Zusroni SAg, Waka Kesiswaan, sekaligus guru PAI  menyampaikan Masyarakat Manyaran menyambut positif atas kegiatan OSIS ini. "Indahnya berbagi takjil untuk berbuka puasa. Semoga berkah untuk semuanya," tuturnya. (Sofyan)

Baca juga: Guru Kediri dan Blitar Antusias Merespon Kehadiran ISI Solo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top