Menutup Akhir Semester Ganjil RA At Taqwa Mengadakan Outing Class ke Panti Asuhan Rumah Lentera dan Solo Summerland Tirtamas Waterpark

Print Friendly and PDF

Siswa RA At Taqwa Sapen saat berkunjung di Panti Asuhan Lentera.

Menutup Akhir Semester Ganjil RA At Taqwa Mengadakan Outing Class ke Panti Asuhan Rumah Lentera dan Solo Summerland Tirtamas Waterpark                     

Sukoharjo- majalahlarise.com -RA At Taqwa Sapen Mojolaban Sukoharjo, mengadakan outing class akhir semester ganjil di wilayah sekitar Solo. Tujuan pertama outing class ke Panti Asuhan Rumah Lentera dilanjutkan ke Solo Summerland Tirtamas Waterpark dan terakhir di taman cerdas Sukarno Hatta. Kamis (30/11/2023).

Panti Asuhan Lentera merupakan  rumah singgah yang dihuni oleh puluhan anak-anak ‘pewaris’ HIV/AIDS. Anak-anak  penghuni rumah singgah merupakan anak-anak yang ditelantarkan sendiri oleh keluarga mereka karena menderita HIV/AIDS. Sementara orang tua mereka sudah meninggal dunia. Panti asuhan ini dihuni 39 anak mulai bayi hingga anak berusia 18 tahun. Bukan hal yang mudah saat akan mendirikan rumah singgah ini, beberapa kali harus pindah tempat karena penolakan dari warga.  Berawal dari daerah Kedung Lumbu, Laweyan, dan berakhir di kompleks Taman Makan Pahlawan Kusuma Bhakti, Jurug, Solo sejak tahun 2019

Henny Sulistiawati, S.Pd selaku kepala Sekolah RA at Taqwa mengatakan, dipilihnya panti asuhan  rumah lentera sebagai tempat kunjungan outing untuk menanamkan rasa syukur pada anak. Dengan berkunjung ke pantai asuhan, mereka akan tahu bahwa ada anak yang kurang beruntung karena sejak lahir mereka mewarisi penyakit, tidak memiliki orang tua, di kucilkan, diusir dan sebagainya. 

Siswa RA At Taqwa Sapen saat berada di Summerland Tirtamas Waterpark.

Baca juga: Ribuan Guru dan ASN di Wonogiri Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-52 KORPRI, HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional 2023

"Hal ini akan memunculkan rasa syukur pada anak bahwa mereka masih memiliki orang tua dan dalam kondisi yang sehat, selain itu dengan kunjungan ini diharapkan akan menanamkan dan mengajarkan empati pada anak. Rasa empati merupakan rasa yang perlu diasah sejak dini. Dengan melihat kondisi anak-anak di panti, anak akan muncul rasa welas asih dan peduli dengan orang lain, dan diharapkan kelak mereka akan menjadi pribadi yang berbudi serta berempati tinggi dengan sesama," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kunjungan ke rumah lentera ini sekaligus sebagai bentuk edukasi bagi seluruh keluarga besar RA  At taqwa baik guru, wali murid dan lingkungan masih ada di sekitar kita anak-anak yang kurang beruntung, anak-anak yang patut di sayangi bukan di jauhi. Jauhi penyakitnya, bukan jauhi orangnya.

Sebelum pelaksanaan kunjungan ini, pihak sekolah RA At Taqwa terlebih dahulu  melakukan survey di rumah lentera dan ditemui oleh mbak Tika salah seorang pengurus  Rumah lentera. Mbak Tika mengatakan panti menerima segala macam donasi untuk operasional harian anak usia bayi sampai usia 18 tahun. Berbekal informasi dari mbak Tika ini, rombongan RA At Taqwa yang didampingi 6  guru dan 37 siswa membawa donasi buat teman-teman panti berupa sembako, pampers, buah buahan, pakaian baru maupun pakaian pantas pakai, susu,boneka, selimut, handuk, sabun mandi, sabun cuci, makanan siap konsumsi dan sebagai nya. 

"Kegiatan yang dilakukan anak-anak RA At Taqwa di rumah lentera diantarnya adalah perkenalan dilanjutkan penyerahan donasi, berdoa bersama dan yang terakhir menghibur teman-teman panti dengan bernyanyi bersama. Kunjungan ini menjelang  peringatan hari AIDS se-dunia 1 Desember," ungkapnya.

Setelah dari Panti Asuhan Rumah Lentera anak anak RA At Taqwa melanjutkan kegiatan Outing Class nya ke  Solo Summerland Tirtamas Waterpark, yang baru saja di resmikan pada tanggal 17 November 2023 dan terakhir ke Taman Cerdas Soekarno Hatta Jebres. (Sofyan)

Baca juga: Penilaian Sumatif Akhir Semester Gasal (PSAS) Utama SMP Negeri 8 Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top