DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN CANVA TINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI TEKANAN DAN TEKANAN HIDROSTATIS

Print Friendly and PDF

DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN CANVA TINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI TEKANAN DAN TEKANAN HIDROSTATIS

Oleh: Sulasih, S.Pd

Guru SMA Negeri 1 Mijen Demak Jawa Tengah 


Sulasih, S.Pd


       Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Berbagai upaya dilakukan guru agar peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik yaitu selama proses pembelajaran berlangsung guru menerangkan, peserta didik mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Kewajiban guru tidak hanya memberi pengetahuan tetapi juga dapat mengubah perilaku peserta didik, memberikan dorongan positif sehingga peserta didik dapat termotivasi, dan dapat berkembang semaksimal mungkin. Seringkali guru kurang memperhatikan teknik mengajar  dengan  menerapkan metode ceramah dari hari ke hari sehingga peserta didik merasa jenuh, bosan, bahkan malas-malasan mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada penurunan prestasi belajar peserta didik.

       Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat maka guru harus memiliki inovasi dan kreativitas dalam mengajar. Dalam mengajar guru harus memotivasi peserta didik agar aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik dapat memiliki kompetensi baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Selain itu proses pembelajaran harus mengarah pada pembelajaran yang menyenangkan, agar dapat meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Fisika .

       Berdasarkan observasi, hasil belajar  Fisika  kelas XI SMA N 1 Mijen Kabupaten Demak tahun 2022/2023 belum optimal khususnya pada materi Tekanan dan Tekanan Hidrostatis. Tekanan dan Tekanan Hidrostatis   merupakan materi yang sulit dipahami oleh peserta didik karena banyaknya teori terkait dengan Tekanan Hidrostatis pada pipa U yang melibatkan dua atau tiga jenis zat cair. Selain itu juga kesulitan yang dialami peserta didik dalam mengerjakan soal-soal Tekanan dan Tekanan Hidrostatis. Hal ini menyebabkan murid kurang tertarik untuk mempelajarinya sehingga berdampak pada hasil belajar menjadi rendah.

       Untuk mengatasi hasil belajar yang rendah dan agar proses belajar menyenangkan serta  dapat mengaktifkan peserta didik untuk mengkonstruksi materi pelajaran. Penulis mencoba menerapkan model pembelajaran Discovey Learning. Menurut Effendi (2012) Discovery learning merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan Menurut Kurniasih & Sani (2014) discovery learning didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila materi pembelajaran tidak disajikan dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan peserta didik mengorganisasi sendiri. Dalam model pembelajaran ini penulis mengkombinasikan dengan canva untuk presentasi hasil.

       Dalam Pembelajaran Fisika  kelas XI materi Tekanan dan Tekanan Hidrostatis  memiliki kompetensi dasar memahami konsep dasar Fluida Statis, Tekanan, Hukum Tekanan Hidrostatis. Pada kompetensi ini peserta didik harus dapat memahami  Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Tekanan Hidrostatis. Adapun Langkah-langkah yang penulis lakukan adalah: Pertama membagi kelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Kedua setiap kelompok diberi peta konsep dan pertanyaan terkait Tekanan dan Tekanan Hidrostatis  tersebut. Ketiga setiap kelompok diharuskan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada peta konsep Tekanan dan Tekanan Hidrostatis  tersebut dengan merumuskan hipotesis atas masalah tersebut. Keempat setiap kelompok mencari informasi dari berbagai sumber yaitu mencari literatur untuk membuktikan hipotesis tersebut. Kelima kelompok mendiskusikan tentang penyebab dan upaya mengatasi permasalahan Tekanan Hidrostatis. Keenam peserta didik mencatat point-point penting yang diperoleh dan menyusunnya dalam suatu bentuk untuk dipresentasikan, yaitu peserta didik  menyusun laporan dalam bentuk presentasi canva. Ketujuh Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya. Kedelapan guru menyimpulkan hasil berdasarkan materi yang dipresentasikan oleh peserta didik.

       Setelah kegiatan pembelajaran materi Tekanan dan Tekanan Hidrostatis selesai, penulis mengadakan test tertulis untuk materi tersebut dan hasilnya menunjukkan ada peningkatan dari tahun sebelumnya untuk materi yang sama walaupun belum terlalu signifikan. Namun demikian dapat dikatakan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top