SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Diklatsar Kepemimpinan Pengurus Kelas dan Polci

Print Friendly and PDF

Siswa SD Muhammadiyah PK Banyudono saat mengikuti Diklatsar Kepemimpinan Pengurus Kelas dan Polci.


SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Diklatsar Kepemimpinan Pengurus Kelas dan Polci

Boyolali- majalahlarise.com -SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono mengadakan acara diklatsar kepemimpinan pengurus kelas dan Polcil. Kegiatan diikuti 39 siswa yang terdiri 19 Polcil dan 20 siswa pengurus kelas  Perwakilan dari klas IV, V, VI. dengan tema menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini untuk mempersiapkan pemimpin bangsa. Jumat-Sabtu, 10-11 Maret 2023

Kegiatan ini menghadirkan narasumber membawakan materi Dasar-Dasar Kepemimpinan, Kepemimpinan dalam Islam, Tip Komunikasi yang efektif, Adab dan Profil Pemimpin ideal, dan Game game Kepemimpinan.

Kepala SD Muhammadiyah PK Banyudono Pujiono, SSi. MM dalam sambutan sekaligus isian materi menyampaikan bahwa sikap kepemimpinan itu bisa ditumbuhkan dan di asah. "Kita semua manusia adalah pemimpin di bumi, pemimpin sesuai kapasitas masing masing. Paling tidak Pemimpin diri kita sendiri. Pemimpin itu harus bisa jadi teladan, tanggung jawab dengan yang dipimpinya, adil, dan mampu  membagi tugas," tutur Pujiono. 

Masih menurut Pujiono pemimpin yang baik harus memiliki sifat pembejar dan wawasan luas. Untuk itu kalian kita bekali tentang kepemimpinan karena kalianlah nanti calon calon pemimpin bangsa masa depan. Pemimpin yang wawasan luas mampu berkomunikasi dengan baik. 

Baca juga: MPK PDM Solo Gelar Baitul Arqam Tiga Cabang Muhammadiyah

"Adapun Dasar komunikasi intinya adalah sikap mental berani modalnya. Selanjutnya siapkan materi, materi apa yang akan di sampaikan setelah itu belajar mengenai metodologi penyampain materi yang menarik. Diantaranya : olah vokal tidak monoton, vibrasi, intonasi dan bahasa tubuh yang tidak kaku," Pujiono mengakhiri ceramahnya.

Sementara Ust. Muhammad Zumaro, SPd.I menyampaikan materi kepemimpinan dalam Islam. Kepribadian pemimpin yang Shidiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah sebagaimana yang di tuntunkan Nabi Muhammad SAW. 

Ust. Kresna Setyawan dalam Materi Kedisiplinan menyampaikan pemimpin itu harus disiplin dalam segala hal, tepat waktu dan tidak guyunan. Kapan kita serius dan kapan kita guyon harus dipilah situasi kondisinya. Kemudian sambil dibantu Ust. Ahmad Khoirul, SPd.I para peserta diajak latihan dasar baris berbaris dan beberapa game kepemimpinan.

"Semoga bermanfaat, dan lahir pemimpin pemimpin besar lahir dari sekolah ini. seperti layaknya Panglima Besar Jendral Sudirman," tutur Krisna mengakhiri acara. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top