“Rumah Cerdas”, Kontribusi Mahasiswa KKN Tematik Unit 6 Untuk Anak-Anak di Desa Sugihan

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Tematik Unit 6 Univet Bantara saat membimbing siswa belajar di Rumah Cerdas.


“Rumah Cerdas”, Kontribusi Mahasiswa KKN Tematik Unit 6 Untuk Anak-Anak di Desa Sugihan

Grobogan- majalahlarise.com -Apa saja kegiatan yang digemari anak-anak setelah pulang dari sekolah? Tentu saja bermain bersama teman, namun di era sekarang dimana anak sekolah dasar pun sudah mempunyai ponsel, kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu sepulang sekolah dengan bermain ponsel sampai lupa waktu untuk belajar. Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN Tematik Unit 6 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo menciptakan program belajar bersama dengan nama “Rumah Cerdas”.

Rumah Cerdas dilaksanakan tiga kali dalam seminggu pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis pada pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB. Kegiatan ini disambut antusias oleh anak-anak di desa Sugihan. Mereka datang ke Rumah Cerdas dengan semangat. “Belajar bareng kakak lebih mudah dipahami, PR jadi cepat selesai” ucap Tania, siswi SD Negeri 1 Sugihan.

Mahasiswa KKN Univet, Ummy Fadilah menerangkan proses belajar yang dilakukan seperti bimbingan belajar pada umumnya. Materi yang diajarkan menyesuaikan dengan materi dari guru di sekolah seperti pembahasan materi bangun ruang, pelajaran Bahasa Jawa atau Bahasa Inggris, serta membantu mengerjakan PR. Di akhir kegiatan anak-anak diberi minuman sehat dan bergizi yaitu susu, sebagai bentuk pendukung gizi anak.

"Program Rumah Cerdas ini diadakan secara gratis untuk semua anak di Desa Sugihan. Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa mengurangi intensitas dalam penggunaan ponsel dan dapat memanfaatkan waktu untuk hal-hal positif seperti belajar," harapnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top