Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Manajemen Usaha Efektif dan Efesien

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat sosialisasi manajemen usaha efektif dan efesien.


Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Manajemen Usaha Efektif dan Efesien 

Boyolali- majalahlarise.com -Dalam rangka mengupayakan UMKM bangkit di Desa Ketitang, Kuliah Kerja Nyata Tematik- Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Kelompok 58 dengan Dosen Pembimbing Avisema Sigit Saputra, SP, MP melaksanakan kegiatan KKN di Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Dengan mengadakan Sosialisasi Manajemen Usaha yang Efektif dan Efisien di UMKM Tarangan Ayam. Sosialisasi tersebut diadakan disalah satu UMKM yang berada di Dusun Tlangu, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali.

Sosialisasi tersebut diadakan di Dusun Tlangu RT 02, RW 10 yang diikuti oleh Bapak/Ibu pelaku usaha UMKM Parti Tarangan beserta karyawannya kurang lebih berjumlah 10 orang dari UMKM tersebut di Rumah Ibu Parti. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM tersebut," ungkap Amelia Dwi Natasya selaku pelaksana.

Tarangan Ayam merupakan peralatan kandang yang sangat penting untuk ayam petelur. Tarangan ayam ini berguna agar telur yang dihasilkan ayam nantinya bisa diambil dengan mudah dan supaya telur-telur itu bersih. Tujuan dibuatnya tarangan ayam agar ayam tidak bertelur bersama-sama dalam satu blok atau sangkar bertelur. Tarangan ayam terbuat dari jerami yang dikeringkan dari limbah padi. Ada 6 jenis tarangan yang diproduksi “Parti Tarangan” yaitu tarangan ayam, bebek, mentok, burung kenari, burung dara, burung puyuh.

Latar belakang dari dilaksanakannya sosialisasi ini guna untuk membantu memunculkan ide-ide baru UMKM serta membantu pemasalahan perekonomian yang berada di Dusun Tlangu. Supaya nantinya Dusun Tlangu meliliki UMKM yang Efektif, Efisien, Maju, dan Berkembang.

"Dalam sosialisasi ini saya menjelaskan tentang apa itu Manajemen Usaha yang Efektif dan Efisien yang tentu saja nentinya akan bermanfaat untuk kedepannya. Serta sosialisasi ini mendapat sambutan yang antusias dan respon yang baik oleh audience yang hadir," jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan  dan gambaran terkait manajemen usaha Efektif dan Efisien yang ada di Dusun Tlangu dan supaya masyarakat di Dusun Tlangu dapat menciptakan usaha baru baik secara mandiri maupun kelompok, sehingga mereka memperoleh tambahan penghasilan dari usaha yang dijalankan dan waktu luang yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kegiatan produktif menghasilkan keuntungan yang diperoleh. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top