Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Game Online dan Dampak Game Bagi Penggunanya

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat sosialisasi game online dan dampak game bagi penggunannya.


Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Game Online dan Dampak Game Bagi Penggunanya


Karanganyar- majalahlarise.com -Pengenalan Game Online dan Dampak Game Online Bagi Penggunanya, Pengenalan ini dilaksanakan di Desa Watuburik, Kecamatan Gondangrejo Kebupaten Karanganyar Provinsi Jawa tengah,  KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Tahun 2022 mengusung tema "Unisri Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi" diselenggarakan mulai tanggal 25 Juli 2022 hingga 3 September 2022. Salah satu peserta KKNT MBKM, Defvix Santi yang berasal dari kelompok 78 dari program studi Ekonomi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir Siswadi, MP melaksanakan pengenalan Game Online kepada anak - anak remaja karang taruna. 

Game online di Era moderen serba mudah siapa yang tidak mengenal game onlineterkenal di kalangan anak - anak sampai kalangan dewasa semua menggemari game online, masuk ke indonesia pada tahun 2001 game online merupakan permainan yang biasanya menggunakan jaringan internet dan yang lain sejenisnya serta selalu mengikuti perkembangan tekonologi yang ada saat ini, serperti koneksi jaringan wifi, modem, dan koneksi kabel arti game online sendiri ialah permainan daring.

Biasanya permainan daring disediakan sebagai layanan dari perusahaan penyediaan jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game yang dimainkansecara bersamaan dengan menggunakan media komputer maupun handphone yang terhubung ke dalam sebuah jaringan.

Permainan daring atau game online terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhanaa berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.

Dalam permainan daring ada dua unsur utama, server dan client server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client merupakan pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Karena game online kita dapat berinteraksi secara virtual dan sering kali menciptakan komunitas di media sosial atau dunia maya.

Game Online, game canggih berkembang dengan seiringnya zaman memberikan fasilitas dan kebebasan dalam pengaksesannya, menjad hiburani favorit dikalangan anak mudah hingga dewasa akan tetapi kita juga tidak bisa menutup kemungkinan dampak yang diterima dari penggunanya seperti dampak- dampaK game online dibawah ini.

Dampak Positif game online

Pola berfikir secara efektif. Meningkatkan critical thingking merupakan dampak positif game online, tingkatan kesulitan game yang selalu meningkat berdasarakan level membuat otak bekerja secara efektif untuk melewati rintangan dan menjadi pemenang.

Berpikir Cepat.Game Online biasanya memberikan batasan waktu untuk para penggunanya dalam menyelesaikan rintangan. Membantu pembentukan karakter pada anak dalam berpikir cepat untuk menyelesaikan masalah.

Menambah Aktivitas Otak. Pada setiap permainan dibutuhakan konsentrasi tinggi agar dapat fokus mencapai skor tertinggi sambil menyelesaikan misi dibutuhkan strategi tepat sehingga memaksa otak berkerja mencari inovasi agar dapat menang melawan musuh.

Pribadi yang teliti dan penuh konsentrasi. Melatih konsentrasi dalam suatu hal bagian - bagian detail yang sangat kompleks juga membuatnya terbiasa memahami hal - hal secara teliti. 

Melatih rasa sportifan terhadap lawan. Hal ini dapat membuat siapa saja pengguna game online siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati.

Membiasakan diri dengan lebih dari satu aktivitas. Pengguna game online membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan hal tersebut, kebiasaan tersebut dapat menghasilkan dampak positif yaitu terbiasa melakukan kegiatan secra bersamaan.

Dampak Negative Game Online

Perilaku Agresif. Dalam game online terlalu sering menampilkan tidak kekerasan seperti membunuh, menendang, dan melukai orang untuk mencapai kemenangan. Bagi anak dibawah umur ini perlu pengawasan ekstra dari kedua orang tua agar apa yang dilihat pada game online tidak ditiru dikesehariannya.

Antisosial. Pengguna game online tidak banyak memiliki kesempatan untuk bergaul dengan teman seusianya, anak yang kecanduan bermain game online lebih memilih untuk bermain komputer dari pada bermain diluar rumah alhasil membentuk individu pengguna sebagai orang yang lebih suka menyendiri.

Berbicara Kasar.Kata - kata kasar bisa diperoleh anak - anak dalam keseharian bermain game online dengan pemain lainnya yang tersebar didunia maya, dampaknya kata - kata kasar akan mudah masuk atau menjadi kebiasaan bagi anak - anak.

Depresi dan Selalu Cemas. Melansir penelitian dari University of Utah Anak atau orang dewasa yang kecanduan bermain game online mudah merasa depresi dan cemas dalam kehidupan sehari - hari.

Menurunnya Tingkat Konsentrasi Anak. Ketika anak kecanduan bermain game online akan terjadi perubahan struktur dendrit sel - sel pada otak mengakibatkan konsentrasi pada anak menurun, sehingga ia mudah lupa dan gagal fokus ditampah paparan sinar radiasi yang dihasilkan dari perangkat elektronik juga melemahkan konsentrasi anak

Mengalami Gaming Disorder. Perubahan fungsional dan struktural dalam sistem saraf.terutama untuk mengatur perasaan senang, belajar, dan motivasi. Dilansir dari Pysychology Today jalur yang ada di otak depan, tepatnya Neurotransmitter yang menghasilkan depamin, menjadi aktif ketika sesorang bermain game. Reaksi sama dengan orang orang yangmenggunakan heroin, pada para pecandu game online mengalami peningkatan dopamin 2 kali lipat. Sedangkan pada pengguna heroin , kokain atau amfetamin, peningkatannya sampai degan 10 kali lipat.

Masalah Komunikasi. Anak yang kecanduan game onine akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dalam kegiatan kesehariannya, anak yang kecauduan game nline akan sulit bersosialisasi berakibat kurangnya respon dan pengamatan padaekspresi lawan bicara berkurang.

Dengan adanya dampak dampak dari game online kita selaku orang tua hendaknya terus memantau perkembangan anak, ajak anak membuat jadwal bermain game sendiri sehingga bisa membagi waktu dan kegiatan lain termasuk hobi dan belajar.

Selain itu juga game yang di maikan anak - anak perlu diawasi agar terhindar dari adegan kekerasan dan pornografi jangan sampai game yang tujuannnya sebagai hiburan malah akan membawa dampak buruk bagi karakter anak. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top