Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi dan Pelatihan Kerajinan Dari Barang Bekas

Print Friendly and PDF

Fadila Anggita Putri bersama anak-anak membuat kerajinan dari barang bekas. 


Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi dan Pelatihan Kerajinan Dari Barang Bekas

Karanganyar- majalahlarise.com -Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) melaksanakan KKNT MBKM “UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi” yang berada di desa Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar. Fadila Anggita Putri dari prodi Manajemen kelompok 77 dengan DPL Agatha Jumiati,S.H.M.H.

"Kerajinan tangan adalah kegiatan menciptakan suatu barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual. Barang-barang bekas yang tidak terpakai dilingkungan sekitar atau tempat tinggal kita dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang dapat meningkatkan nilai ekonomisnya.
Sosialisasi dan pelatihan kerajinan tangan dari barang bekas ini dilakukan pada siswa Sekolah Dasar di Desa Wonorejo yang diikuti sekitar 10 orang pada hari Kamis, 11 Agustus 2022. 

Pada sosialisasi ini Fadila Anggita Putri memberikan pemahaman tentang manfaat-manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas, dan memberikan pelatihan kerajinan tangan (membuat tempat pensil dari botol bekas). 

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan memberikan kesempatan para siswa untuk mengembangkan kreativitas. Dengan membuat kerajinan tangan melalui kreativitas yang mereka miliki para siswa dapat menghasilkan nilai jual.

Selama kegiatan berlangsung para siswa sangat antusias dalam proses pembuatan kerajinan tangan, mereka memperhatikan dengan seksama langkah-langkah pembuatan tempat pensil dari botol bekas. Dimulai dari memotong bagian bawah botol, membungkus botol dengan kertas, hingga menghias botol sesuai dengan kreativitas masing-masing.

“Makasih ya kak udah diajarin buat kerajinan tangan dari barang bekas, Insyaallah ilmunya bermanfaat," ujar Laras salah satu anak.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top